Cirebon (ANTARA) -
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon, Jawa Barat, mencatat sebanyak 9.882 penumpang telah berangkat dari semua stasiun di wilayahnya saat arus balik pada H+2 Lebaran 2024.
 
“Menurut data sementara yang ada, keberangkatan penumpang arus balik yang tertinggi mulai terjadi hari ini,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Rokhmad Makin Zainul saat dikonfirmasi di Cirebon, Jumat.
 
Ia menyebutkan pergerakan penumpang itu dapat bertambah hingga malam nanti, karena masih banyak masyarakat yang memutuskan kembali ke daerah asal sebelum libur Lebaran berakhir pada Senin (15/4).
 
Memasuki masa arus balik, penumpang yang memakai moda transportasi kereta api (KA) dari stasiun di Daop 3 Cirebon jumlahnya diperkirakan dapat mencapai 10 ribu orang per hari.

Baca juga: KAI: 71.603 penumpang sudah tiba di Daop 3 Cirebon hingga H-2 Lebaran
 
Berdasarkan data, lonjakan tertinggi keberangkatan penumpang selama masa arus balik itu akan terjadi pada tanggal 13-14 April 2024.
 
“Sedangkan secara total dari tanggal 31 Maret hingga 12 April 2024, penumpang yang melakukan perjalanan menggunakan transportasi KA dari wilayah Daop 3 Cirebon tercatat sebanyak 67.176 orang,” ujarnya.
 
Zainul menyebutkan masyarakat yang hendak melakukan perjalanan dari Daop 3 Cirebon bisa segera memesan tiket KA. Sebab jumlahnya masih tersedia cukup banyak.
 
Sampai saat ini, total penjualan tiket KA di wilayah tersebut sudah mencapai 115.674 tiket dengan rincian lima stasiun yang terbanyak memberangkat penumpangnya yaitu Stasiun Cirebon, Cirebon Prujakan, Brebes, Jatibarang dan Haurgeulis.

Baca juga: KAI Daop 3 berikan layanan kesehatan gratis pada H-2 Lebaran 2024
 
“Pembelian tiket juga cukup mudah bisa melalui aplikasi Access by KAI, web KAI, serta berbagai saluran resmi penjualan tiket KAI lainnya,” katanya.
 
Ia menambahkan selama masa angkutan Lebaran 2024, terdapat 119 perjalanan KA reguler serta 32 perjalanan KA tambahan yang melintasi wilayah Daop 3 Cirebon.
 
“Kami pastikan memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang, khususnya mereka yang melakukan perjalanan arus balik,” ucap dia.

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024