Kapasitas tempat duduk kereta api (KA) di Daop 3 Cirebon untuk mudik sebanyak 91.520 kursi
Cirebon (ANTARA) -
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon, Jawa Barat, mencatat penjualan tiket penumpang untuk masa angkutan mudik Lebaran 2024 di wilayahnya sudah mencapai 8.750 tiket atau 9,6 persen dari total tempat duduk yang tersedia.
 
“Kapasitas tempat duduk kereta api (KA) di Daop 3 Cirebon untuk mudik sebanyak 91.520 kursi. Sampai Selasa (12/3), data menunjukkan tiket terjual sudah 9,6 persen,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Rokhmad Makin Zainul di Cirebon, Rabu.
 
Zainul mengatakan dari jumlah penjualan tiket itu, mayoritas penumpang memilih melakukan perjalanan mudik pada H-2 Lebaran dari seluruh stasiun di Daop 3 Cirebon.
 
Sedangkan pada arus balik nanti, kata dia, masyarakat yang menggunakan jasa angkutan KA di Daop 3 Cirebon bakal melakukan perjalanan pada H+2 dan H+3 Lebaran.
 
“Untuk periode tersebut, tiket keberangkatan KA dari Daop 3 Cirebon sudah terjual 100 persen,” katanya.

Baca juga: KAI Cirebon catat jumlah penumpang naik 130 persen pada libur panjang

Baca juga: KAI Cirebon sediakan 91.520 tiket untuk angkutan Lebaran 2024
 
Guna menjamin kelancaran angkutan mudik, kata dia, PT KAI telah membuka pemesanan tiket KA tambahan khusus Lebaran yang sudah bisa dipesan mulai Rabu (6/3).
 
Ia menyebut KA tambahan ini tersedia untuk relasi perjalanan yang menjadi favorit di kalangan penumpang di Daop 3 Cirebon seperti rute pulang-pergi Jakarta-Solo, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Cirebon, dan lainnya.
 
Zainul juga menyampaikan seluruh tiket KA tambahan tersebut dapat dipesan melalui aplikasi Access by KAI, situs KAI serta saluran penjualan serta resmi lainnya.
 
“Sedangkan untuk loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket "go show" mulai tiga jam, sebelum jadwal keberangkatan kereta api,” ujarnya.
 
Lebih lanjut, ia menuturkan keputusan PT KAI menambah perjalanan pada beberapa rute itu sebagai upaya mengakomodir tingginya minat masyarakat yang memakai angkutan KA untuk mudik Lebaran.
 
Zainul menambahkan bahwa langkah tersebut pun menunjukkan kesiapan PT KAI dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan.
 
“Kebijakan ini juga menjadi bentuk komitmen KAI untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Kami ingin melayani pelanggan sebaik mungkin melalui perjalanan KA selamat dan aman,” ucap dia.

Baca juga: KAI Cirebon siapkan 14.210 tiket selama libur panjang Februari 2024

Baca juga: KAI Cirebon layani keberangkatan 94.433 penumpang saat libur panjang

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024