Madrid (ANTARA News) - Dua kesuksesan Borussia Moenchengladbach di ajang Piala UEFA terjadi pada 1970-an, namun itu tidak berarti sang juara bertahan Sevilla merupakan favorit pada pertandingan Liga Europa yang akan dimainkan pada Kamis, kata pelatih klub Liga Spanyol itu pada Rabu.

Klub Liga Jerman Gladbach memenangi Piala UEFA pada 1974 dan 1979, sedangkan Sevilla meraih kejayaan di ajang itu pada 2006 dan 2007 sebelum kembali memenangi kompetisi antara klub Eropa strata kedua yang telah berganti nama itu pada musim lalu, dan kini kedua tim bertemu untuk pertama kalinya pada pertandingan pertama putaran 32 besar yang dimainkan di Sevilla, lapor Reuters.

"Ini merupakan pertandingan yang menampilkan lawan yang signifikan, dengan lintasan bersejarah, pemenang dua Piala UEFA," kata pelatih Sevilla Unai Emery pada konferensi pers.

"Mereka (Gladbach) berada di peringkat ketiga Liga Jerman dan memainkan musim yang hebat," tambahnya.

"Maka mengatakan siapa yang merupakan favorit merupakan hal yang sangat sulit. Itu adalah pertandingan yang sangat, sangat bagus, dengan tujuan penting bagi kedua kubu yang berarti itu akan menjadi permainan terbuka."

Sevilla memenangi lima pertandingan Eropa terakhirnya yang dimainkan di Stadion Sanchez Pizjuan sejak kalah 0-2 dari tetangganya Real Betis pada putaran 16 besar Liga Europa musim lalu.

Sementara itu, Gladbach tidak terkalahkan dalam delapan pertandingan Eropa musim ini, termasuk empat pertandingan tandangnya.

Emery mengatakan merupakan hal vital bagi Sevilla untuk mencegah Gladbach mengantungi keunggulan gol tandang, sebelum kedua tim memainkan pertandingan kedua pada pekan depan di Jerman.

"Mereka (berjarak) 180 menit di mana faktor gol-gol tandang dapat memainkan perannya," ucapnya kepada para pewarta.

"Namun besok kami bermain di stadion kami, dengan para penggemar kami, dan kami memiliki kewajiban untuk menang."

"Menjaga tidak kemasukan sama sekali sangat penting namun ini semestinya tidak menomor duakan kemenangan. Kami harus mengincar kemenangan dan menghentikan mereka mencetak gol."

Sejarah memihak kubu Sevilla.

Mereka tidak terkalahkan dalam sembilan pertandingan kandang saat menjamu klub-klub Jerman di kompetisi Eropa, memenangi lima pertandingan dan imbang empat kali.

Gladbach tanpa kemenangan dalam empat pertandingan di Spanyol sejak menang 4-2 atas Real Zaragoza pada kunjungan pertama mereka pada 1974.

(Uu.H-RF/B012)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015