Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai hubungan antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan kepolisian Republik Indonesia (Polri) lebih tertib dan baik menyusul pengangkatan tiga orang anggota pimpinan sementara KPK.

"Ya pastilah lebih tertib karena Pak Taufiqurrahman juga latar belakangnya Polri jadi pasti lebih mengerti," kata Jusuf Kalla kepada pers usai menutup Musyawarah Kerja Nasional I Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Jakarta, Kamis.

Wapres berharap ketiga pemimpin baru KPK membuat hubungan kedua instansi itu berjalan lebih baik dan tidak ada lagi berseteru seperti selama ini.

Kemarin, Presiden Joko Widodo menyebutkan akan mengeluarkan Kepres penunjukkan Taufiqurrahman Ruki, Indrayanto Senoadji, dan Johan Budi sebagai tiga pimpinan sementara KPK.

Sementara untuk Ketua KPK Abraham Samad dan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto, Presiden Jokowi menerbitkan Keppres untuk memberhentikan sementara kedua orang itu.

Terkait tuduhan kriminalisasi terhadap Ketua KPK, Jusuf Kalla membantah dengan keras.

"Siapa bilang dikriminalisasi?," sergahnya.

Dia malah mengatakan jika memang ada yang berbuat kriminal maka biarkan hukum yang berjalan dan tidak ada yang disengaja dikriminalisasi.




Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015