Bogor (ANTARA News) - Sebanyak 345 personel Polres Bogor Kota disiagakan untuk mengamankan pelaksanaan Pesta Rakyat Cap Go Meh yang akan berlangsung pada 5 Maret 2015 di Vihara Dhanagun, Kota Bogor, Jawa Barat.

"Kemarin sudah dilakukan rapat koordinasi kesiapan Cap Go Meh. Khusus jajaran Polres Bogor Kota mengerahkan 345 personel untuk mengamankan kegiatan," kata Kepala Bagian Operasi Polres Bogor Kota Kompol Sahroni, di Bogor, Sabtu.

Ia mengatakan akan ada penambahan personel pengamanan dari instansi terkait seperti TNI, Satpol PP, DLLAJ, Polmas dan pengamanan internal dari panitia acara Vihara Dhanagun.

"Ini masih dikoordinasikan belum ada laporan berapa anggota personel gabungan yang akan terlibat," katanya.

Dikatakannya dalam pelaksanaan Pesta Rakyat Cap Go Meh, jajaran Polres Bogor Kota fokus pada pelayanan agar kegiatan berjalan lancar, aman dan kondusif, meliputi pengaturan arus, antisipasi tindak kriminalitas.

"Mulai dari pengamanan lokasi, pengaturan arus lalu lintas dan memastikan kegiatan tidak menghambat aktivitas masyarakat lainnya," kata dia.

Sementara itu lanjut Sahroni, untuk lokasi yang akan dijadikan tempat pelaksanaan Pesta Rakyat Cap Go Meh dimulai dari Jalan Surya Kencana, Siliwangi, Padjajaran hingga Otto Iskandar Dinata.

"Parade Cap Go Meh ini berlangsung 5 Maret dimulai dari pukul 16.00 WIB, akan ada pawai yang akan berjalan dari Surya Kencana menuju Siliwangi dan berputar di Jalan Padjajaran kembali menuju Vihara melewati Otto Iskandar Dinata," katanya.

Menurutnya masyarakat sudah harus mengetahui informasi kegiatan Cap Go Meh agar pada saat kegiatan berlangsung dapat menghindari titik-titik yang menjadi lokasi pelaksanaan pawai Cap Go Meh.

"Ada baiknya menghindari jalur-jalur yang menjadi lokasi kegiatan, dan tidak berkendaraan sekitar lokasi. Kalaupun mau melihat kegiatan disarankan datang lebih awal dan parkir kendaraan jauh dari lokasi," katanya.

Festival Budaya Cap Go Meh yang sudah menjadi pesta rakyat tahunan Kota Bogor, Jawa Barat kembali akan digelar 5 Maret mendatang dengan konsep baru dan lebih meriah serta akbar.

"Beragam persiapan telah kita matangkan mulai dari peserta festival, lokasi pawai, hingga kehadiran tamu udangan," kata Ketua Panitia Cap Go Meh 2015 Arifin Himawan.

Arifin mengatakan Festival Budaya Cap Go Meh tahun ini masih mengangkat teman yang sama yakni "Bogor Untuk Indonesia" yang akan menampilkan berbagai atraksi kesenian dan kebudayaan dari berbagai etnis dan daerah di Indonesia.

"Kegiatan ini diharapkan menjadi wadah untuk menyatukan seluruh warga Bogor," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015