Beijing (ANTARA) - Festival Musim Semi, atau Tahun Baru Imlek, merupakan salah satu perayaan terpenting di China.

Hari kelima Tahun Baru Imlek, yang juga disebut "Powu" dalam bahasa Mandarin, diyakini sebagai hari kelahiran Dewa Kekayaan. Masyarakat China merayakan hari tersebut dengan berbagai tradisi seperti menyalakan petasan dan menggelar acara budaya untuk menolak bala serta mendatangkan keberuntungan dan kekayaan di tahun yang akan datang.
 

Seorang aktor tampil di acara perayaan kedatangan Dewa Kekayaan di Kabupaten Pingba, Provinsi Guizhou, China barat daya, 7 Februari 2011, dalam rangka hari kelima Tahun Baru Imlek. 
 

Seorang aktor (depan) dengan kostum Dewa Kekayaan tampil di Southern Song Imperial Street di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China timur, 18 Februari 2010, dalam rangka hari kelima Tahun Baru Imlek.
 

Aktor dengan kostum Dewa Kekayaan tampil di kawasan wisata budaya di Suzhou, Provinsi Jiangsu, China timur, 30 Januari 2009, dalam rangka hari kelima Tahun Baru Imlek. 
 
Orang-orang membeli petasan di sebuah tempat penjualan di Harbin, Provinsi Heilongjiang, China timur laut, pada 2 Februari 2006, di hari kelima Tahun Baru Imlek. (Xinhua)
 

Aktor dengan kostum Dewa Kekayaan tampil di depan masyarakat di Suzhou, Provinsi Jiangsu, Tiongkok timur, 2 Februari 2006, dalam rangka hari kelima Tahun Baru Imlek. 
   


Seorang aktor dengan kostum Dewa Kekayaan tampil di kawasan wisata budaya di Suzhou, Provinsi Jiangsu, China timur, 18 Februari 2010, dalam rangka hari kelima Tahun Baru Imlek. 
 

Seorang pria mendaki gunung menuju kuil sebagai tradisi berdoa memohon keberuntungan di Kota Zaozhuang, Provinsi Shandong, China timur, 23 Februari 2015, dalam rangka hari kelima Tahun Baru Imlek. 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024