Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta perlu membangun lebih banyak rumah susun guna mengurangi kemacetan lalu lintas akibat datangnya warga dari pinggiran ke pusat kota untuk bekerja.

"Ini harus bikin rumah bertingkat, rumah bersusun yang banyak agar orang tinggalnya tidak berpencar-pencar," kata Wapres Kalla di Jakarta, Rabu.

Persoalan kemacetan dan kepadatan penduduk di DKI Jakarta cukup kompleks sehingga harus memiliki sarana transportasi publik yang memadai bagi warga Ibu Kota.

"Ini kan kompleks permasalahannya, tetapi yang paling penting adalah membangun infrastruktur transportasi publik. MRT juga sedang dibangun, yang lain-lain juga harus dibangun," katanya.

Wapres mengatakan untuk mencari solusi terhadap masalah Ibu Kota, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama bisa berkoordinasi dengannya untuk dibahas bersama-sama.

"Kalau dulu kan UKP4 memberi advise (saran, red.) ke DKI. Sekarang, semua bisa dikoordinasikan. Nanti setelah (Pemprov) DKI memberikan laporannya, kita bisa bahas bersama-sama," ujarnya.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015