Eropa (ANTARA News) - Wakil Prancis AS Monaco dan klub Spanyol sekaligus finalis musim lalu Atletico Madrid memastikan diri melaju ke babak perempat final Liga Champions setelah menyingkirkan lawan mereka, Rabu pagi WIB.

Monaco menyingkirkan wakil Inggris, Arsenal, sedangkan Atletico menghentikan langkah klub Bundesliga Jerman, Bayer Leverkusen.

Kedua tim memastikan bergabung dengan juara bertahan Real Madrid, Bayer Muenchen, Paris Saint-Germain dan Porto, yang sudah lebih dulu lolos ke perempat final.

Jantung publik Stade Louis II diajak berpacu kencang sepanjang 90 menit pertandingan saat barisan pertahanan tim kesayangan mereka dibombardir oleh tim tamu, Arsenal, yang berusaha membayar defisit dua gol dan mencari tiga gol demi tiket perempat final.

Namun akhirnya mereka bisa bernafas lega setelah peluit tanda laga usai ditiupkan oleh wasit Svein Oddvar Moen dengan kedudukan 0-2 untuk tim tamu, yang artinya meskipun Monaco kalah, mereka tetap melaju berkat keunggulan agregat gol tandang atas Arsenal setelah dua pekan lalu menang 3-1 di Emirates.

Dua gol yang sempat membuat wajah kuyu menyambangi para penggemar Pasukan Merah Putih itu diciptakan oleh penyerang Prancis Olivier Giroud dan pemain pengganti Aaron Ramsey.

Akan tetapi, tidak ada gol ketiga, yang segera mengubah panorama Stade Louis menjadi penuh pesta pora lolosnya Monaco ke perempat final Liga Champions, dan bukan tidak mungkin mereka bisa mengulang kesuksesan mencicipi laga pamungkas sebagaimana 2004 silam atau bahkan lebih.

Sementara meski laga dimulai bersamaan, roman khawatir masih melanda di Vicente Calderon, pasalnya laga harus dilanjutkan ke babak waktu tambahan setelah gol gelandang Mario Suarez tak cukup membawa Atletico melaju dan skor agregat masih sama kuat 1-1.

Sepanjang 30 menit kekhawatiran itu tak kunjung diredam dengan gol dari pasukan besutan Diego Simeone, namun harapan juga belum hancur pasalnya tim tamu juga mengalami masalah serupa.

Akhirnya tiket perempat final harus ditentukan lewat adu penalti yang diwarnai lima eksekusi gagal, dua untuk tuan rumah dan tiga untuk tim tamu.

Atletico akhirnya memastikan tempat di perempat final dengan keunggulan adu penalti 3-2.

Babak 16 besar masih menyisakan dua pertandingan lain yakni antara raksasa Spanyol Barcelona melawan juara Inggris Manchester City dan Borussia Dortmund menjamu jawara Italia Juventus.

Barcelona mempunyai keunggulan agregat sementara 2-1 setelah sekaligus agresivitas dua gol tandang setelah dua pekan lalu menang di Etihad atas City, sedangkan Dortmund meski kalah 1-2 di Juventus Arena bisa memanfaatkan agresivitas gol tandang mereka.

Berikut hasil lengkap laga 16 besar Liga Champions dan jadwal selanjutnya sebagaimana dilansir situs resmi UEFA. (tuan rumah disebut lebih dulu, pemenang dicetak tebal, hasil agregat dalam kurung)

Pertandingan Rabu pagi WIB
Atletico Madrid 1 (1) - Bayer Leverkusen 1 (1) *Atletico lolos setelah menang adu penalti 3-2
AS Monaco 0 (3) - Arsenal 2 (3) *Monaco lolos berkat agresivitas gol tandang tiga berbanding dua

Pertandingan 11 Maret 2015
Porto 4 (5) - Basel 0 (1)
Real Madrid 3 (5) - Schalke 4 (4)

Pertandingan 12 Maret 2015
Chelsea 2 (3) - PSG 2 (3) *PSG lolos berkat agresivitas dua gol tandang berbanding satu
Bayern Muenchen 7 (7) - Shaktar Donetsk 0 (0)

Jadwal pertandingan Kamis (19/3) dini hari WIB
Barcelona - Manchester City
Borussia Dortmund - Juventu.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015