Mataram (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Ermalena mendorong berdirinya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertambangan di wilayah Nusa Tenggara Barat, khususnya Pulau Sumbawa mengingat daerah itu kaya akan potensi sumber daya alam.

"Kita saat ini sedang mengusahakan agar di Pulau Sumbawa ada SMK Pertambangan, sehingga kebutuhan sumber daya manusia untuk bisa bekerja di sektor itu, bisa terpenuhi," kata Ermalena di Mataram, Jumat.

Menurut Ermalena, NTB khususnya Pulau Sumbawa memiliki potensi pertambangan yang cukup besar. Namun, sayangnya pemanfaatan dan pengelolaannya masih kurang maksimal.

Di daerah itu banyak berdiri perusahaan pertambangan baik dalam skala kecil maupun besar.

Salah satunya, PT Newmont Nusa Tenggara (PT NNT) yang kini melakukan kegiatan pertambangan di Batu Hijau Kabupaten Sumbawa Barat.

Dia menilai, selama ini tenaga kerja lokal tidak banyak terserap sebagai karyawan. Banyak pekerja di sektor itu di dominasi dari tenaga luar NTB.

"Inilah mengapa kami mendorong berdirinya SMK pertambangan di NTB, khususnya Sumbawa, agar nantinya perusahaan tidak perlu lagi harus susah payah mencari tenaga dari luar sementara tenaga lokal sudah ada," jelasnya.

Karena itulah diharapkan pemerintah baik propinsi maupun kabupaten segera menyiapkan lokasi sekolah sehingga dapat memberikan kesempatan kepada putra-putri daerah mendapatkan ketrampilan yang mumpuni sehingga yang nantinya dapat bekerja di perusahaan tambang.

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015