Jakarta (ANTARA News) - The Jupiters (Jupiter Aerobatic Team), tim aerobatik kebanggaan TNI AU,  Selasa, kembali berlatih untuk beraksi lagi unjuk kebolehan dalam rangka memperingati HUT ke-69 TNI AU, yang akan di pusatkan di Halim Perdana Kusuma Jakarta 9 April 2015 mendatang.

Sebelumnya, dua unit KT-1B Wong Bee JAT jatuh dan total loss saat gladi resik Langkawi International Maritime and Aerospace 2015, di Langkawi, Malaysia. Para pilotnya sempat melontarkan diri sehingga tidak ada korban jiwa walau JAT membatalkan diri tampil di perhelatan itu.

Latihan perdana JAT seusai kecelakaan itu dilaksanakan di udara Pangkalan Udara Utama TNI AU Adisucipto, Yogyakarta, hari ini. 

Komandan Pangkalan Udara Utama TNI AU Adisucipto, Marsekal Pertama TNI Yadi I Sutanandika, menegaskan, “The Jupiters tetap akan eksis.”

“The Jupiters dalam semangat  yang tinggi serta akan terus melanjutkan latihan untuk menghadapi gelaran berikutnya sebagai wujud eksistensi dan kebanggaan terhadap bangsa Indonesia, kami mohon doa restunya,” kata dia.

Menurut Letnan Kolonel Penerbang Fery Yunaldi pada sesi latihan hari Ini “The Jupiters melakukan delapan formasi. Antara lain jupiter roll, arrow head pass, arrow head loop, leader benefit, roll slide, jupiter roll back, screw roll, dan level bomb brust.

Latihan ini hanya delapan formasi disesuaikan jadwal penerbangan yang ada di sana.

Meskipun dengan personel yang sedikit berbeda, pagi ini The Jupiters melaksanakan latihan secara intensif. JAT direncanakan akan bertolak meninggalkan hanggarnya pada 4 April menuju Jakarta dan akan segera memukau dan menggemparkan langit Jakarta lagi. 

Formasi The Jupiters akan tetap  dipimpin Yunaldi sebagai Leader di Jupiter 1 dengan sedikit perubahan personel. Jupiter 1 didukung Kapten Penerbang Idam Satria Utomo sebagai Right Wing di Jupiter 2 dan Kapten Penerbang Made Yogi Indra sebagai Left Wing di Jupiter 3.

Juga Mayor Penerbang Putu Sucahyadi sebagai Slot di Jupiter 4, Mayor Penerbang HM Kisha menggantikan Mayor Penerbang Sri Raharjo sebagai Lead Synchro di Jupiter 5, dan Mayor Penerbang Frando Marpaung menggantikan Mayor Penerbang Humaidi Romas di Jupiter 6.

Yunaldi di sela-sela latihan, menyatakan, “The Jupiter telah siap memeriahkan hari jadi ke-69 TNI AU di Jakarta pekan depan. Kami berharap semuanya berjalan aman dan lancar.”

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015