Jakarta (ANTARA News) -  Paris Saint Germain (PSG) keluar sebagai pemenang Derby Prancis atau "Le Classique" melawan Olympique Marseille pada Ligue 1 Prancis pekan 31 di Stadion Stade Vélodrome, Senin dini hari Wib.

Gelandang Marseille, Dimitri Payet, menciptakan peluang pertama melalui tendangan kerasnya di menit 14, namun tidak berbuah gol.

Dimitri Payet kembali melakukan aksi yang membahayakan dengan memberikan umpan yang langsung ditanduk André Pierre Gignac menjadi gol di menit 30. Marseille unggul sementara 1-0.

PSG harus kehilangan David Luiz yang menderita cedera hamstring pasca bertabrakan dengan Andre Pierre Gignac. David Luiz kemudian digantikan Gregory van der Wiel di menit 34.

Cederanya Luiz membuat Marseille lengah karena PSG langsung menciptakan gol balasan 1-1 melalui tendangan Blaise Matuidi memaksimalkan umpan Thiago Motta di menit 35.

Namun Marseille kembali terdepan setelah Andre-Pierre Gignac mencetak gol keduanya setelah menerima bola dari Alaixys Romao di menit 43. Skor 2-1 untuk keunggulan Marseille bertahan hingga jeda babak pertama.

Babak kedua menit 49, PSG menyamakan kedudukan melalui sontekan Marquinhos memanfaatkan tendangan bebas Ibrahimovic. Skor menjadi 2-2.

PSG berbalik unggul 3-2 di menit 51 melalui gol bunuh diri Jeremy Morel yang salah mengantisipasi umpan lambung Javier Pastore kepada Ibrahimovic.

Penjaga gawang Marseille, Mandanda, berhasil mengamankan gawangnya dari tendangan keras Matuidi di menit 61. Pastore kembali menebar ancaman di menit 65, sayang sepakannya tidak akurat.

Lavezzi berkesempatan menambah keunggulan PSG jika tendangan mendatarnya tidak ditangkis Mandanda pada menit 74.

Zlatan Ibrahimovic memiliki kesempatan mencetak gol di menit 84 namun bola kembali diamankan Mandanda. Hingga akhir laga skor kemenangan PSG 3-2 tidak berubah.

Kemenangan ini membawa PSG naik ke puncak klasemen Liga Prancis dengan 62 poin sekaligus menggusur Lyon yang memiliki 61 poin. Di sisi lain, Marseille tertahan di peringkat tiga dengan 57 poin dari 31 laga yang telah dimainkan.

Susunan pemain Marseille vs PSG:

Marseille (4-2-3-1): Mandanda; Dja Djedje, Fanni, Morel, Mendy; Romao, Lemina; Thauvin (Ocampos), Payet, Ayew (Alessandrini); Gignac (Batshuayi).

PSG (4-3-3): Sirigu; Marquinhos, Thiago Silva, David Luiz (van der Wiel), Maxwell; Verratti, Motta, Matuidi; Pastore ( Rabiot), Ibrahimovic, Cavani (Ezequiel Lavezzi).

Gol: Marseille 2 - 3 PSG
( Andre-Pierre Gignac 30, 43 - Blaise Matuidi 35,  Marquinhos 49, Jeremy Morel 51)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015