Makassar (ANTARA News) - Pengamat media sosial, Anwar Abugaza, menyatakan, pekerja hubungan masyarakat alias public relation perusahaan harus peka dalam memanfaatkan media sosial untuk memberikan informasi kekinian.

"Berdasakan hasil pengamatan ada 380.000 lebih atau 30 persen orang mengunakan internet di Makassar dan Sulawesi Selatan 1,5 juta orang, 70 persennya mengunakan media sosial untuk berbagi informasi," katanya, di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu.

Para pekerja hubungan masyarakat, kata dia, juga harus memaksimal trend media sosial.

"Media sosial ini harus dimanfaatkan hubungan masyarakat dalam mengelola informasi untuk disampaikan termasuk mengemasnya secara baik ke pers sebagai bahan pemberitaan," katanya.

Sementara Ketua Pengda PJI Sulsel Jumadi Mappanganro mengatakan PR mestinya memainkan peran menggunakan media sosial dalam penyampaian informasi secara cepat mengingat hampir semua orang mengunakan ponsel mengunakan jaringan internet.

"Peranan PR atau humas mestinya memanfatkan peluang ini. Selain itu PR tidak harus memiliah perusahaan pers mana yang layak diberikan informasi, sebab mata, telinga dan mulut adalah perwajahan perusahaan itu sendiri," ucapnya.

Menurut dia perkembangan teknologi yang begitu cepat menuntut PR melakukan perubahan dalam memberikan informasi secara cepat dan akurat kepada media terutama media online.

Pewarta: Darwin Fatir
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015