... hening cipta mengenang jasa para tentara Australia yang gugur...
Ambon (ANTARA News) - Belasan warga negara Australia memperingati Satu Abad Hari ANZAC alias ANZAC Day, di Taman Makam Persemakmuran atau War Cemetery, di kawasan Tantui, Ambon, Sabtu.

Hari ANZAC yang digelar setiap tahun pada 25 April, menandai pendaratan pasukan Australia dan Selandia Baru di Gallipoli, Turki, 100 tahun lalu.

Di Ambon, diperingati dengan upacara subuh, dipimpin Atase Angkatan Laut Kedutaan Australia di Jakarta, Kolonel Nick Hart dan Asisten Atase Angkatan Laut, Robert Pope, berlangsung pukul 05.30 WIT.

Kendati hujan lebat yang mengguyur kota Ambon dan sekitarnya tetapi tidak mengurangi hikmah upacara peringatan yang dilakukan secara sederhana tersebut untuk memperingati gugurnya ribuan tentara negara Kanguru di berbagai negara.

Kepala Bidang Politik dan Ekonomi Kedutaan Besar Australia di Jakarta, Bradley Armstrong, menggantikan Duta Besar Australia untuk Indonesia, Paul Grigson, untuk memimpin hening cipta mengenang jasa para tentara Australia yang gugur.

Setelah itu Hart, Armstrong, dan Pope meletakan karangan bunga poppy merah (red poppies) dan rosemary yang dibawa khusus dari Australia, pada tugu peringatan yang berada di bagian tengah makam persemakmuran War Cemetery, di kawasan Tantui.

Sejumlah pejabat di Kota Ambon dan pemerintahan Provinsi Maluku juga menghadiri upacara peringatan itu, di antaranya Sekretaris Kota Ambon, Anthony Latuheru, Staf ahli Gubernur Maluku, Roy Hallatu, dan mantan Gubernur Maluku dua periode, Karel Albert Ralahalu.

Para pejabat daerah tersebut bersama keluarga veteran dan pengurus yayasan Gull Force juga meletakkan karangan bunga pada tugu peringatan yang dibangun untuk mengenang gugurnya pasukan Australia di Ambon dan Maluku.

Usai peringatan sederhana dilanjutkan dengan makan pagi bersama pada salah satu ruangan yang berdekatan dengan pintu masuk menuju makam seluas empat hektare tersebut.

Selain di Taman Persemakmuran, puluhan keluarga veteran perang asal Australia juga menggelar upacara sederhana pada monumen Kudamati Memorial yang lebih dikenal warga Kota Ambon dengan sebutan Tugu Dooland, di kawasan Kudamati.

Anggota kelaurga veteran juga meletakkan karangan bunga pada monumen tersebut, serta bunga pada honour wall (tembok kehormatan), di samping mengibarkan bendera negaranya dan Merah-Putih secara bersamaan, di mana turut menarik perhatian warga Ambon yang sedang beraktivitas.

Monumen tersebut merupakan basis pertahanan terakhir pasukan Australia saat bertempur melawan Pepang dalam PD II.

Peringatan Anzac Day di Kota Ambon, merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan setelah yang pertama tahun 2013.

Sebelum konflik sosial melanda Ambon dan Maluku pada 1999, peringatan gugurnya tentara negara-negara persemakuran di ibu kota provinsi Maluku trsebut, selalu dilakukan secara meriah karena dihadiri puluhan bahkan ratusan keluarga korban, termasuk para tentara Australia dan beberapa negara lain.

Tetapi saat konflik acara tahunan di makam Persemakmuran War Cemetery Tantui tersebut praktis terhenti, karena kondisi keamanan yang kurang menjamin keselamatan wisatawan.

Pada makam Persemakmuran tersebut teronggok kerangka ribuan tentara sekutu dari 6 negara. Totalnya sebanyak 2.137 makam, terdiri dari 1.092 tentara Australia, termasuk 694 tentara dari total dari 1.131 anggota pasukan elit batalion 21, Divisi II  Gull Force atau pasukan Infantri Australia (AIF) yang gugur.

Selain itu 810 tentara Inggris, 186 Belanda, 30 India, dua Kanada, Selandia baru dan Afrika Selatan masing-masing satu dan 15 orang dari beberapa negara sekutu lainnya.

Di bagian depan Taman terdapat Memorial Building Ambon. Bangunan mirip halte bus, terbuat dari beton berkualitas tinggi dengan desain eksterior berkelas.

Di kedua sisi dindingnya terpampang lembaran tembaga berukuran sekira 3x2 meter persegi yang diatasnya terukir dengan huruf timbul nama tentara dan penerbang Australia yang gugur di tanah Maluku, Sulawesi dan Kepulauan sekitarnya pada saat PD II, termasuk yang tidak diketahui dan ditemukan jenasahnya.

Setiap nama dilengkapi nomor prajurit, pangkat dan jabatan terakhir serta nama asal kesatuan. Dari data yang terpampang, umumnya mereka berasal dari Royal Australian Air Force (RAAF), Angkatan Udara Australia, selain beberapa yang berasal dari kesatuan AL dan AD Australia.

Lokasi Taman Makam Persemakmuran Tantui, pada saat Perang Dunia II, sebelumnya menjadi menjadi markas Batalyon 2/21 Australia Gull Force, dan kemudian berubah menjadi lokasi kam tahanan tentara negara-negara persemakmuran oleh tentara Jepang.

Batu-batu nisan berukuran sebesar laptop dengan tinggi hanya beberapa sentimeter di atas tanah seolah tak terlihat diatas hamparan rumput hijau yang dipangkas rapih. Namun ketika melangkahkan kaki ke bagian tengah barulah batu-batu nisan itu tampak bertebaran dimana-mana. 

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015