Medan (ANTARA News) - Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Senin pagi telah mengirimkan naskah soal beserta Lembaran Jawaban Ujian Nasional (LJUN) Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau sederajat tahun 2015 ke Kepulauan Nias sebagai daerah yang dianggap cukup terpencil.

Koordinator Ujian Nasional (UN) Sumut, Agust Sinaga di Medan, mengatakan pendistribusian naskah tersebut merupakan yang pertama kali dikirimkan ke Pulau Nias dan menyusul ke kabupaten/kota lainnya.

Pengiriman naskah soal UN itu, menurut dia, mendapat pengawalan ekstra ketat dari aparat kepolisian dan petugas Dinas Pendidikan Provinsi Sumut.

"Pendistribusian naskah UN tujuan ke Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias dan Kota Gunung Sitoli," ucap Agust.

Dia menyebutkan, pengiriman naskah UN dengan menggunakan satu truk ukuran besar, setelah tiba di Kota Sibolga dan harus menyeberang lagi ke Pelabuhan Gunung Sitoli dengan menggunakan kapal ferry selama satu malam perjalanan laut atau lebih kurang 10 jam.

Setelah sampai di Kota Gunung Sitoli, naskah UN tersebut dibagi-bagikan ke kabupaten yang telah ditentukan dan mendapat pengawalan ketat dari petugas kepolisian.

"Jadi, daerah yang cukup jauh pengiriman naskah UN adalah Kepulauan Nias dan harus menyeberang melalui laut," ujarnya.

Agust menjelaskan, pendistribusian naskah dilakukan secara bertahap dan ekstra hati-hati untuk menjaga agar dokumen negara tersebut tidak mengalami kerusakan.

Naskah UN yang dibagikan itu, saat ini disimpan di sebuah gudang di Jalan Raya Medan Batangkuis Km 14, Kabupaten Deli Serdang.

"Pelaksanaan UN SMP akan dilaksanakan secara serentak di tanah air, yakni mulai 4-7 Mei 2015.Dan UN tersebut dengan empat mata pelajaran, antara lain Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)," katanya.

Data yang diperoleh dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumut, jumlah peserta UN SMP dan sederajat tahun 2015 tercatat 272.198 siswa dan 3.420 sekolah yang berada di kabupaten/kota di daerah tersebut.

Dari jumlah 272.198 siswa itu, yakni jenjang SMP diikuti 210.655 siswa, SMP Terbuka 1.093 siswa, SMPLB 77 siswa, paket B/Wustha 3.063 orang, dan MTs sebanyak 57.310 siswa yang berasal dari 938 sekolah di Sumut.

Sedangkan, jumlah peserta UN SMP tahun 2014, tercatat 255.964 siswa, terdiri dari SMP 199.414 orang, MTs 52.602 orang, SMPT 925 orang SMP LB 172 orang dan Paket B, sebanyak 2.979 orang.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015