Jakarta (ANTARA News) - Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Sabtu, mendistribusikan naskah soal Ujian Nasional (UN) untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di lima lokasi yang tersebar di wilayah ibu kota.

"Hari ini, soal-soal UN SMP kita distribusikan di lima lokasi. Pada pukul 06.00 WIB tadi, kita melakukan video conference untuk memastikan pendistribusian soal berjalan secara serentak," kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Arie Budhiman di Jakarta.

Menurut dia, naskah-naskah soal UN SMP tersebut dikirim oleh pihak percetakan, yakni PT Temperina Media Grafika di Surabaya, Jawa Timur dan telah tiba di Jakarta pada Jumat (1/5) kemarin pada pukul 19.30 WIB.

Dia menyebutkan lima lokasi pendistribusian naskah soal tersebut, antara lain SMPN 216 untuk wilayah Jakarta Pusat, kantor Dinas Pendidikan DKI untuk Jakarta Selatan, SMPN 255 untuk Jakarta Timur, SMPN 45 untuk Jakarta Barat dan SMPN 30 untuk Jakarta Utara serta Kepulauan Seribu.

"Dari lima lokasi tersebut, selanjutnya naskah soal akan dibagikan ke sebanyak 23 sub rayon SMP DKI Jakarta dengan rincian 16 sub rayon SMP dan tujuh sub rayon Madrasah Tsanawiyah (MTs)," ujar Arie.

Dia mengungkapkan total keseluruhan naskah soal UN SMP yang telah diterima oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta, yakni sebanyak 2.869 dus dengan 34.895 lembar amplop.

"Sesampainya di sub rayon, seluruh naskah soal akan dipilah sesuai dengan mata ujian yang dilaksanakan. Pengamanan terhadap naskah soal juga dilakukan untuk menghindari kebocoran," ungkap Arie.

Rincian jumlah soal yang didistribusikan di setiap wilayah, yaitu 280 dus dengan 3.532 lembar amplop di Jakarta Pusat, 625 dus dengan 8.272 lembar amplop di Jakarta Selatan, 806 dus dengan 10.504 lembar amplop di Jakarta Timur, 607 dus dengan 7.456 lembar amplop di Jakarta Barat, 417 dus dengan 5.120 lembar amplop di Jakarta Utara dan 11 dus dengan 134 lembar amplop di Kepulauan Seribu.

Sementara itu, rencananya, UN untuk tingkat SMP pada tahun ini akan dilaksanakan mulai Senin (4/5) hingga Kamis (7/5).

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015