Jakarta (ANTARA News) - Pelaksanaan Ujian Nasional Paper Based Test (PBT) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di MTs Negeri 9 berjalan lancar.

Kepala Sekolah MTsN 9, Ahmad Sakur mengatakan, sejak pelaksanaan UN hari pertama, tidak ada siswa yang absen mengikuti ujian.

"Hari pertama pelaksanaan UN alhamdulillah lancar sesuai dengan prosedur disaksikan semua anggota tim pemantau mulai dari perwakilan universitas hingga Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP). Semua soal juga terdistribusi dengan lancar dan tak ada yang cacat saat diterima," kata Sakur saat ditemui di MTSn 9 Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa.

Sakur menargetkan, kelulusan siswa tahun ini 100 persen seperti tahun-tahun sebelumnya.

Seperti sekolah umum, UN bukanlah penentu kelulusan di MTS, namun nilai hasil UN akan menjadi kriteria penerimaan di jenjang pendidikan selanjutnya.

Khusus MTS, prasyarat kelulusan adalah Ujian Madrasah (UM) dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) yang digelar Kemenag.

Jumlah siswa peserta UN PBT di MTSn 9 Jakarta 209 siswa dengan sampul soal besar sebanyak 10 unit. Selain dari MTSn 9, tiga MTS swasta turut melakukan UN di MTSn 9 karena tidak memenuhi syarat jumlah minimal murid untuk pelaksanaan UN. MTS tersebut antara lain MTS Al Qolam Jakarta Pusat, MTS Annur Kemayoran dan MTS Nurani Utan Panjang.

Ujian Nasional dimulai pukul 07.30 WIB dengan mata pelajaran yang diujikan pada hari kedua adalah Matematika.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015