Jakarta (ANTARA News) - Samsung memperkenalkan tablet terbaru, Galaxy Tab 3V yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan sumber pengetahuan bagi ibu.

"Kami ingin gadget ini tidak hanya dipakai sebagai alat untuk bermain anak, karena sebenarnya banyak yang dapat digunakan, selain untuk main game," kata Vebbyna Kaunang, Marketing Directot IM Business, Samsung Electronics Indonesia, di Jakarta, Selasa.

Pemilihan tablet dibanding smartphone, menurut Vebby, dikarenakan dari besar layar perangkat tablet yang dapat digunakan ibu bersama anaknya.

"Kalau smartphone biasanya menjadi perangkat yang personal, untuk usia dibawah remaja kami melihat masih memerlukan panduan dari orang tua, dan tablet layarnya cukup untuk berbagi buat berdua," ujar Vebby.

"Jadi ibu duduk disebelah anak, menjelaskan lebih enak memakai tablet. lihat konten gambar lebih enak menggunakan tablet," tambah dia.

Dari sisi spesifikasi, perangkat berlayar 7 inci tersebut dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu. Samsung Galaxy Tab 3V dibekali kamera 2MP (depan dan belakang), prosesor Quad-Core berkecepatan 1,3 GHz dan RAM 1 GB.

Perangkat tersebut juga didukung dengan OS Android 4.4 Kitkat, kapasitas baterai 3600 mAh, ruang penyimpanan 8 GB yang dapat diperluas dengan slot microSD hingga 32GB.

Tidak hanya dari sisi komponen perangkat keras, Galaxy Tab 3V juga dilengkapi dengan aplikasi Kakatu yang membuat perangkat tersebut dapat menjadi andalan para ibu.

"Kakatu adalah aplikasi untuk orang tua supaya bisa melakukan edukasi dan pembatasan dalam arti positif untuk menggunakan gadget untuk anaknya," kata Vebby.

Kakatu merupakan aplikasi milik pemuda asal Bandung, Muhamad Nur Awaludin yang mengaku khawatir generasi muda akan "tersesat" dalam penggunaan internet.

"Aplikasi ini adalah alat filter, sekaligus alat edukasi penggunaan gadget untuk anak, karena orang tua tidak bisa membatasi atau menjauhi anak dari gadget," ujar dia.

Aplikasi Kakatu dapat digunakan untuk mengatur waktu penggunaan gadget bagi anak agar tidak mengalami kecanduan, mengecek lokasi smartphone anak, dan menolak telepon dari orang yang tidak dikenal.

Selain itu, aplikasi tersebut juga dapat membagikan info kepada orang tua melalui Parenting Channel. Fitur Parenting Channel inilah yang membedakan antara aplikasi Kakatu yang sudah di-bunddling Galaxy Tab 3V dan yang berada di Google Play Store.

Samsung Galaxy Tab 3V telah hadir di pasaran dengan harga Rp 1.799.000.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015