Jakarta (ANTARA) - WhatsApp kembali meluncurkan pembaruan dalam program beta di Google Play dengan versi aplikasi 2.24.9.28. dan dalam aplikasi versi itu ditemukan fakta bahwa mereka tengah mencoba fitur baru yaitu telepon tanpa perlu menyimpan kontak.

Pada aplikasi stabil WhatsApp, jika pengguna ingin melakukan panggilan telepon, maka pengguna harus menyimpan nomor dari pengguna lain yang akan ditelepon.

Dengan adanya fitur bernama dialer yang ada di versi beta tersebut, nantinya pengguna bisa melakukan panggilan hanya dengan memasukkan nomor telepon pengguna lain yang dituju tanpa harus menyimpannya ke dalam daftar kontak.

Baca juga: WhatsApp kembangkan fitur mungkinkan pengguna atur kontak "Favorit"

Hal itu ditemukan oleh WABetaInfo pada Rabu (24/4) dan menyebut bahwa fitur itu menjadi fitur tambahan yang bisa memberikan fleksibilitas dan kenyamanan apabila pengguna hanya ingin melakukan interaksi singkat dengan nomor yang dituju.

Terkadang, pengguna WhatsApp perlu menelepon seseorang namun tidak dalam artian mereka harus berinteraksi dalam jangka waktu panjang.

Adakalanya panggilan itu bisa sebagai pengingat untuk rapat bisnis atau berinteraksi untuk jual-beli barang secara daring.

Baca juga: WhatsApp perbaiki fitur berbagi berkas yang sedang dalam pengujian

Dengan dialer di dalam WhatsApp, nantinya panggilan tersebut dapat dilakukan tanpa menambahkan nomor ke daftar kontak atau membuka obrolan di aplikasi secara manual.

Mengingat panggilan melalui WhatsApp yang berbasis internet tentunya jauh lebih hemat biaya dibanding jaringan telepon seluler biasa, tentunya fitur itu bisa membantu pengguna lebih nyaman menggunakan WhatsApp.

Apalagi dari sisi keamanan, WhatsApp dikenal dengan enkripsi ujung ke ujung atau end-to-end encryption sehingga privasi yang diberikan tentunya sudah bisa dijamin.

Fitur dialer ini masih terus dikembangkan dan mungkin akan tersedia pada pembaruan aplikasi di masa mendatang.

Baca juga: WhatsApp uji coba notifikasi "Status" tingkatkan interaksi pengguna

Baca juga: WhatsApp tambahkan dukungan global untuk kunci sandi di iOS

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024