Jakarta (ANTARA) - WhatsApp, aplikasi pesan instan milik Meta, menambahkan beberapa detail untuk memperbaiki fitur berbagi berkas yang masih dalam tahap pengujian.

Menurut siaran Phone Arena pada Sabtu (10/4), WhatsApp diketahui mengembangkan fitur berbagi berkas dengan pengguna terdekat menggunakan Bluetooth pada Januari 2024.

Kendati masih dalam pengujian, WABetaInfo mendapati beberapa tambahan detail antarmuka pada WhatsApp Beta Android versi 2.24.9.22 yang ada di Google Play Store, seperti layar yang memberitahukan apa yang dilakukan oleh fitur dan izin yang diperlukan.

Ide dari fitur itu sederhana, ketika ingin membagikan satu berkas, pengguna aplikasi bisa langsung menemukan pengguna WhatsApp terdekat melalui seksi baru dalam aplikasi.

Aplikasi selanjutnya akan menggunakan perangkat Bluetooth dan atau Wi-Fi untuk menemukannya tanpa membutuhkan koneksi data, dan kemudian pengirim dan penerima perlu membuka seksi berbagi yang baru agar terhubung.

Baca juga: WhatsApp uji coba notifikasi "Status" tingkatkan interaksi pengguna
Baca juga: WhatsApp hadirkan "Filter Chat" permudah pencarian pesan


Pendekatan opt-in diterapkan pada fitur berbagi berkas WhatsApp yang mirip dengan AirDrop di iOS dan Quick Share di Android tersebut, sehingga kontrol privasi sepenuhnya berada di tangan pengguna.

WhatsApp juga meyakinkan pengguna bahwa semua dokumen yang dibagikan bakal tetap dienkripsi untuk keamanan, dan nomor telepon akan disembunyikan bahkan saat berbagi.

Pengguna yang ingin menggunakan fitur itu akan diminta memberikan beberapa izin akses kepada WhatsApp, termasuk izin akses ke berkas yang ingin dibagikan dan izin menggunakan layanan lokasi perangkat untuk melihat perangkat lain yang ada di dekatnya.

Fitur berbagi dokumen pada aplikasi WhatsApp itu akan bisa menjembatani pemilik gawai dengan sistem operasi berbeda untuk berkirim dokumen.

Baca juga: Apple hapus WhatsApp dan Threads dari App Store di China
Baca juga: Meta uji coba terbatas Meta AI di Whatsapp, Instagram, dan Messenger

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024