Kami optimistis dapat meraih dua gelar dari nomor ganda campuran dan ganda putra seperti pada 2013. Tapi, faktor Indonesia sebagai tuan rumah juga harus diwaspadai.
Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 22 atlet bulu tangkis Indonesia akan mengikuti Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia (BWF World Championships) 2015 di Jakarta, 10-16 Agustus mendatang.

"Kami optimistis dapat meraih dua gelar dari nomor ganda campuran dan ganda putra seperti pada 2013. Tapi, faktor Indonesia sebagai tuan rumah juga harus diwaspadai. Jangan sampai hal itu menjadi tekanan bagi para atlet," kata Manajer Tim Indonesia dalam Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia 2015 Rexy Mainaky dalam siaran resmi PBSI yang diterima Antara di Jakarta, Kamis.

Tommy Sugiarto dan Dionysius Hayom Rumbaka akan menjadi wakil Indonesia pada nomor tunggal putra.

Pada nomor tunggal putri, terdapat Maria Febe Kusumastuti dan Linda Wenifanetri.

Indonesia diwakili tiga pasangan pada nomor ganda putra yaitu Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Hendra Aprida Gunawan/Andrei Adistia, dan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi.

Kemudian, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari, Pia Zebadiah Bernadet/Rizki Amelia Pradipta, dan Vita Marissa/Shendy Puspa Irawati akan bertanding pada nomor ganda putri.

Terakhir, tiga pasangan ganda campuran akan memperkuat keterwakilan atlet Merah Putih. Mereka adalah Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Praveen Jordan/Debby Susanto, dan Riky Widianto/Richi Puspita Dili.

Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia untuk ketiga kalinya pada 2015 setelah melangsungkan kejuaraan yang sama pada 1980 dan 1989.

Sejak diselenggarakan untuk pertama kali pada 1977, Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia berlangsung setiap tiga tahun sekali. Kemudian pada 1983-2005, Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia diselenggarakan setiap dua tahun.

Kejuaraan tertinggi cabang olahraga bulu tangkis itu kemudian diselenggarakan setiap tahun sejak 2005 kecuali tahun berlangsungnya olimpiade.

Pada 2013, pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menyabet gelar pada Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia yang digelar di Guangzhou, Tiongkok.

Sementara pada Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia 2014 yang digelar di Kopenhagen, Denmark, Tommy Sugiarto mampu meraih medali perunggu pada nomor tunggal putra.

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015