Terdapat empat tahapan tingkat penuaan sendi. Tingkat pertama yakni ketika melakukan banyak maka sendi sakit terutama panggul dan lutut,"
Jakarta (ANTARA News) - Penanganan nyeri lutut dan panggul yang disebabkan oleh penuaan sendi atau osteoarthritis tak hanya dengan operasi tetapi juga dengan metode lainnya.

"Terdapat empat tahapan tingkat penuaan sendi. Tingkat pertama yakni ketika melakukan banyak maka sendi sakit terutama panggul dan lutut," kata Ahli Tulang Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Dr Karina Besinga SpOT(K), dalam acara temu media di Jakarta, Rabu.

Pada tingkat kedua, durasi nyeri sendi pada lutut bertambah. Pada tingkat ketiga, penderita nyeri sendi mengalami kekakuan pada pagi hari, pengapuran dan nyeri semakin bertambah parah.

"Pada tingkat keempat, lutut dan panggul berubah total dan hanya bisa duduk di kursi roda," jelas dia.

Pengobatan yang bisa dilakukan untuk tingkat pertama dan kedua yakni dengan perubahan perilaku, latihan dan obat-obatan. Terkadang juga dibutuhkan suntikan pelumas pada sendi.

"Pada tahap ini, tidak diperlukan operasi. Cukup dengan obat dan suntikan pelumas," kata dia.

Sementara penuaan sendi pada tingkat ketiga dan keempat hanya dapat diatasi dengan operasi penggantian sendi.

Sayangnya masyarakat acap kali keliru dengan menyamakan nyeri sendi dan asam urat. Sebagian besar masyarakat sering mengonsumsi obat-obatan secara bebas sehingga seringkali menimbulkan efek samping sepertri nyeri lambung yang berkepanjangan dan membuat pengobatan nyeri sendi semakin sulit.

Dia meminta masyarakat untuk tidak takut melakukan tindakan operasi penggantian lutut dan panggul jika sudah mencapai tingkat ketiga.

"Banyak beralasan operasi pada usia lanjut tidak diperbolehkan. Itu merupakan pandangan yang keliru, karena penuaan sendi memang banyak dialami oleh para orang tua," papar dia.

Kepala Divisi Hip, Knee, and Geriatric Trauma Orthopaedic Center Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, DR dr Franky Hartono SpOT(K), mengatakan tindakan operasi penggantian lutut dan panggul pada orang tua dengan nyeri sesedikit mungkin dan pemulihan yang cepat.

"Penuaan sendi merupakan penyakit degeneratif yang tentu saja dialami sebagian besar orang tua usia lanjut terutama perempuan," kata Franky.

Tindakan operasi penggantian lutut dan panggul banyak dilakukan di luar negeri. Di Jerman sekurangnya 500.000 operasi penggantian lutut dan kaki setiap tahunnya. Begitu juga dengan di Amerika Serikat yang mencapai 1,2 juta operasi setiap tahunnya.

"Sementara di Tanah Air, hanya 10.000 operasi setiap tahunnya," jelas Franky.

Operasi penggantian panggul dan lutut total dapat dilakukan juga dengan teknik navigasi dan "minimal invasive". Navigasi dapat menambah tingkat presisi dalam pemasangan komponen lutut pengganti. Sedangkan, teknik "minimal invasive" diharapkan mengurangi nyeri pasca operasi sehingga pemulihan pasien dapat berjalan lebih cepat.

"Operasi lutut maupun panggul menjadi pilihan yang terbaik untuk membantu menghilangkan rasa sakit dan memberikan keleluasaan beraktivitas untuk menjalankan kegiatan yang sebelumnya terbatas dikarenakan nyeri panggul."

Penggantian lutut dan panggul di Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk mulai dari Rp75 juta dengan penanganan dokter yang terintegrasi dan termasuk biaya tindakan dokter, jasa dokter, implant, obat-obatan selama perawatan di rumah sakit, dan pemulihan delapan hari di kamar perawatan kelas tiga.

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015