Jakarta (ANTARA News) - Indonesia mendapat dukungan beberapa negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk mengatasi masalah imigran gelap Asia Tenggara, terutama yang berhubungan dengan para pengungsi Rohingya dari Myanmar.

Dalam keterangan persnya, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dalam Pertemuan Menlu OKI ke-42  menyampaikan situasi darurat kemanusiaan di Asia Tenggara terkait dengan Rohingya dan Bangladesh.

Retno mendorong negara-negara OKI menunjukan kepemimpinannya dalam membantu mengatasi masalah pengungsi Rohingya dari Myanmar.

Retno juga menyampaikan langkah yang telah diambil Indonesia dan Malaysia sebagai dua negara berpenduduk mayoritas Islam dalam mengatasi masalah kemanusiaan internasional tersebut.

Para Menlu OKI menyatakan siap membantu Indonesia dalam menghadapi masalah imigran gelap tersebut.

Menlu Gambia bahkan menyatakan siap menerima relokasi pengungsi dengan dukungan masyarakat internasional, sedangkan Menlu Turki menyatakan siap memberi bantuan keuangan untuk pengungsi Rohingya dan Bangladesh.

Menlu Arab Saudi Adel Bin Ahmed Al Jubeir juga mendukung langkah Indonesia yang mengambil inisiatif memberikan bantuan kemanusiaan kepada pengungsi Rohingya.  Dia menjamin negaranya siap memberi bantuan keuangan kepada Indonesia untuk menangani masalah pengungsi ini.



Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015