Kesediaan DPR-RI sebagai representasi negara Indonesia dalam memenuhi undangan dari Parlemen Sudan akan berdampak positif pada upaya-upaya nyata peningkatan hubungan bilateral kedua negara ke depan."
Kairo (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR-RI Fahri Hamzah memimpin delegasi DPR mengunjungi Sudan untuk mempererat hubungan bilateral kedua lembaga tinggi negara.

Dalam kunjungan itu Fahri didampingi Muhammad Misbakhum (Fraksi Golkar), Edhi Prabowo (Gerindra), Rofi Munawar (PKS), seorang Pejabat Sekretariat DPR-RI, dan dua staf ahli, kata siaran pers KBRI Khartoum, Senin.

Disebutkan, lawatan empat hari pada 30 Mei hingga 2 Juni atas undangan parlemen Sudan itu untuk menghadiri pelantikan anggota parlemen 2015-2020 yang baru terpilih dalam pemilu April silam di negara sahabat tersebut.

Selain menghadiri seremoni pelantikan parlemen, delegasi DPR juga melakukan pertemuan dengan Komisi Hubungan Luar Negeri Parlemen Sudan (Persahabatan Parlemen Indonesia-Sudan), dan Ketua Parlemen Sudan.

Delegasi DPR juga bersilaturrahim dengan mahasiswa dan masyarakat Indonesia setempat, katanya.

Dubes RI untuk Sudan dan Eritrea Burhanuddin menyampaikan apresiasi atas kehadiran delegasi DPR-RI pada pelantikan Parlemen Sudan.

"Kesediaan DPR-RI sebagai representasi negara Indonesia dalam memenuhi undangan dari Parlemen Sudan akan berdampak positif pada upaya-upaya nyata peningkatan hubungan bilateral kedua negara ke depan," paparnya.

Dubes RI juga mengharapkan kiranya DPR-RI dan Parlemen Sudan dapat lebih mendorong upaya kerja sama bilateral kedua negara di berbagai bidang.

Disebutkan, dalam kunjungan itu kedua parlemen sepakat untuk mempererat hubungan, dan meningkatkan koordinasi dalam pembentukan Forum Parlemen Asia-Afrika.

Sudan telah ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan pertemuan perdana Forum Perlemen Asia-Afrika tersebut.

Pewarta: Munawar S Makyanie
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015