Jakarta (ANTARA News) - Fraksi Partai Amanat Nasional (F PAN) mendukung Program Pembangunan Daerah Pemilihan (P2DP).

"Fraksi PAN mendukung P2DP karena kita kan disumpah untuk memperjuangkan aspirasi dapil, ada Alquran, ada injil kan waktu disumpah. Sumpah itu harus dijalankan," kata Sekretaris Fraksi PAN Yandri Susanto di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa.

Program P2DP, katanya, tidak perlu dirisaukan atau ditakutkan karena anggota DPR RI hanya mengusulkan program, tidak pegang uang cash, tidak minta fee dan hanya pengawas.

"Jadi menurut saya, ini harus dimaknai secara positif, jangan dicurigai, tidak perlu takut," kata Yandri.

Terkait adanya fraksi yang menolak seperti Fraksi Partai Nasdem, Yandri menyebutkan, penolakan dana aspirasi tersebut dimungkinkan karena ketidaktahuan saja.

"Ini kan masih debatebel, fraksi yang tidak setuju, mungkin tidak memahami secara utuh. Ada yang memahami bahwa anggota DPR RI dikasih uang tunai untuk dibawa ke daerah dan ada anggapan lainnya. Program ini murni untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat yang ada di daerah pemilihan," ujarnya.

Dia menambahkan, P2DP ini juga untuk membantu meringankan kerja dari pemerintah dalam menciptakan pemerataan pembangunan. Program-program pemerintah yang selama ini tidak berjalan dan tidak sampai ke daerah-daerah terpencil, dengan adanya program ini, maka akan tercipta pemerataan pembangunan.

"Kan begini, pemerintah kuatir akan terjadi tumpang tindih,  kan belum ada satu pandangan. Kan melibatkan semua pihak, Banggar, Menkeu, Pemda, akan ada pembahasan anggaran. Saya rasa pemerintah akan setuju," ujar anggota Komisi II DPR RI itu.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015