Agar inflasinya dapat ditekan pada Ramadan, kami perlu berkoordinasi dengan pemerintah, dengan kerja sama itu nilai inflasi diharapkan jadi bisa terkendali,"
Jakarta (ANTARA News) - Bank Indonesia (BI) menilai koordinasi dengan pemerintah merupakan upaya yang perlu dilakukan untuk menekan inflasi tinggi ketika memasuki Ramadhan.

"Agar inflasinya dapat ditekan pada Ramadan, kami perlu berkoordinasi dengan pemerintah, dengan kerja sama itu nilai inflasi diharapkan jadi bisa terkendali," ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia Erwin Rijanto di Jakarta, Rabu.

Terkait tingginya inflasi, ia menilai permasalahan pada sistem distribusi logistik masih menjadi gangguan utama, yang menyumbang peningkatan harga barang di sejumlah daerah.

"Yang paling penting sebenarnya distribusinya, terkait urusan itu yang harus dibicarakan dengan pemerintah," katanya.

Menurut dia, selama ini Bank Indonesia kerap mendapatkan angka inflasi dari kantor regional mereka yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain itu, kabar mengenai harga barang di wilayah, juga diperoleh dari pantauan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), tambahnya.

Dengan adanya koordinasi tersebut, Erwin juga mengatakan kedua pihak kemudian dapat sama-sama mendorong pengembangan sektor riil, yang ditujukan untuk mengendalikan kenaikan harga barang-barang menjelang Bulan Ramadan.

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015