Bus tingkat pariwisata ini banyak peminatnya. Namun sayang selama ini kapasitasnya masih terbatas
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerima sumbangan berupa satu unit bus tingkat pariwisata (Bus City Tour) dari pemilik jaringan ritel Alfamart Alfamidi, yaitu PT Sumber Alfaria Trijaya.

Penandatanganan kerja sama terkait bantuan tersebut dilakukan oleh Corporate Affairs Director Alfamart Solihin dengan Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Antonius Kosasih dan disaksikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota DKI.

"Bus tingkat pariwisata ini banyak peminatnya. Namun sayang selama ini kapasitasnya masih terbatas. Tentunya, tambahan satu bus ini pasti akan sangat bermanfaat," kata Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat.

Lebih lanjut, dia pun berharap tambahan bus tersebut dapat menjadi ikon khas bagi Kota Jakarta sekaligus mengakomodir tingginya animo masyarakat untuk menggunakan bus tingkat itu.

"Selain menjadi moda transportasi yang baik, kami berharap bus ini dapat menjadi ikon khas Jakarta, sehingga mampu menarik kunjungan lebih wisatawan," ujar Basuki.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Corporate Affairs Director Alfamart Solihin menuturkan proses pengadaan bus tingkat bermerek Mercedes-Benz itu membutuhkan waktu yang cukup lama karena diimpor dari Jerman dan dirakit di Magelang.

"Prosesnya membutuhkan waktu lebih dari satu tahun. Bus itu didesain spesifik sesuai dengan standar Bus City Tour yang telah beroperasi, mulai dari kapasitas kursi hingga fasilitasnya," tutur Solihin.

Penyesuaian desain, sambung dia, dilakukan pada bagian pintu mulai dari pintu depan untuk penumpang umum, pintu tengah untuk penumpang berkebutuhan khusus serta pintu darurat dan pemecah kaca untuk kondisi darurat.

Dia mengharapkan bus tingkat yang merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) itu dapat meningkatkan sektor pariwisata di Ibu Kota.

"Semoga bus tingkat ini dapat membantu Pemprov DKI dalam mempromosikan objek-objek wisata di Jakarta, sehingga sektor pariwisata di Ibu Kota menjadi semakin berkembang," ungkap Solihin.

Bus tingkat pariwisata bermerek Mercedes-Benz tersebut memiliki kapasitas sebanyak 69 penumpang. Jumlah tersebut lebih besar dibandingkan bus tingkat yang sudah ada sebelumnya, yakni hanya 60 penumpang.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015