Kendari (ANTARA News) - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), bertekad mewujudkan salah satu visi kota yakni "Smart Green Transportasion".

"Smart green transportation merupakan terobosan pemerintah di bidang transportasi massal yang ramah lingkungan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kendari, Sjarif Sajang, di Kendari, Minggu.

Menurut Sjarif, terobosan tersebut merupakan langkah awal pemerintah memberikan pelayanan transportasi representatif kepada masyarakat sekaligus upaya mengatasi kemacetan pada masa mendatang di kota itu.

"Kita sudah mengawalinya dengan mengoperasikan di tengah masyarakat bus yang kami sebut trans lulo yang melayani beberapa rute yang tidak dilayani angkot," kata Sjarif.

Kehadiran trans lulo tersebut, kata dia, langsung mendapat sambutan positif dari masyarakat khususnya bagi mereka yang membutuhkan layanan angkutan yang selama ini tidak bisa diakses menggunakan angkutan kota.

"Intinya ke depan kita inginkan masyarakat merasa lebih nyaman menggunakan transportasi massal menuju kantor dibanding menggunakan kendaraan pribadi," katanya.

Karena itu lanjut Sjarif, bus trans lulo tersebut dilengkapi berbagai fasilitas seperti AC, kemudian cara bayar tarif bus dengan cara non tunai.

Pewarta: La Ode Abdul Rahman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015