Pemerintah kabupaten senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Raung di Kampung Manggaran, Desa Sumber Arum, Kecamatan Songon, Kabupaten Banyuwangi atau dengan PVMBG di Bandung,"
Surabaya (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur mengimbau kepada masyarakat untuk menjauhi Gunung Raung di atas jarak tiga kilometer menyusul dinaikkannya status dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III).

"Rekomendasi itu berlaku kepada masyarakat di sekitar Gunung Raung, pengunjung, wisatawan hingga pendaki," ujar Kepala BPBD Jatim Sudharmawan kepada wartawan di Surabaya, Senin.

Pihaknya juga meminta penduduk sekitar tetap tenang dan tidak mendengarkan isu-isu tentang erupsi Gunung Raung.

Selain itu, BPBD Provinsi dan kabupaten tak akan berhenti berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terkait perkembangan dan kondisi Gunung Raung.

"Pemerintah kabupaten senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Raung di Kampung Manggaran, Desa Sumber Arum, Kecamatan Songon, Kabupaten Banyuwangi atau dengan PVMBG di Bandung," katanya.

Dalam waktu dekat, lanjut dia, BPBD Jatim akan mengundang tiga pemangku kepentingan di tiga BPBD kabupaten sebagai bentuk koordinasi lanjutan.

Terkait kesiapan, pihaknya mengakui makanan siap saji dikirim dalam waktu dekat untuk stok aman, serta menerjunkan empat petugas BPBD Jatim dari Bidang Kedaruratan dan Logistik, Pencegahan dan Kesiapsiagaan dan Pusdalops.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Raung dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III) sejak Senin pukul 09.00 WIB karena aktivitas gunung api tersebut mengalami peningkatan.

BPBD Jember telah memantau aktivitas gunung yang memiliki ketinggian 3.332 meter dari permukaan laut (mdpl) itu seiring dengan peningkatan statusnya menjadi siaga.

Kepala BPBD Kabupaten Jember, Suhanan, mengatakan Gunung Raung menyemburkan lava pijar pada Minggu (28/6) malam.

"Petugas kami di lapangan menyampaikan adanya semburan lava pijar atau sinar api terlihat dari puncak Raung dan terdengar suara dentuman yang keras," katanya.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015