Banyuwangi (ANTARA News) - Status siaga Gunung Raung (3.332 mdpl) tidak memengaruhi rute penerbangan Banyuwangi-Surabaya di Bandara Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

"Sejauh ini tidak ada kendala untuk rute penerbangan Banyuwangi-Surabaya PP dan rute Banyuwangi-Denpasar, sehingga penerbangan berjalan lancar," kata Kepala Bandara Blimbingsari Banyuwangi Sigit Widodo di Banyuwangi, Senin.

Bahkan, lanjutnya, kegiatan sekolah pilot Mandiri Utama Flight Academy (MUFA) di bandara tersebut juga berjalan efektif dan tidak terganggu oleh aktivitas vulkanik seperti abu Gunung Raung.

"Belum ada aktivitas Raung yang memengaruhi jadwal ataupun rute penerbangan, serta kegiatan penerbang sekolah pilot di Bandara Blimbingsari tetap berjalan," katanya.

Kendati demikian, pihak Bandara Blimbingsari selalu berkoordinasi dengan Badan Meterorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait dengan aktivitas gunung yang memiliki ketinggian 3.332 mdpl itu.

"Setiap pagi, kami selalu meminta informasi aktivitas Raung dan biasanya ada peringatan dari pihak yang berwenang, apabila ada sesuatu hal yang mengganggu rute penerbangan," tuturnya.

Sigit menjelaskan rute penerbangan di Bandara Blimbingsari berdasarkan Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (Airnav Indonesia) ada tiga jalur dan satu jalur di antaranya melalui rute di atas Gunung Raung.

"Pihak Airnav mengimbau penerbangan tidak melintas Gunung Raung dan kalaupun terpaksa melintas harus terbang lebih tinggi dibandingkan biasanya," katanya.

Penerbangan dua maskapai yakni Wings Air dan Garuda Indonesia dengan rute Banyuwangi-Surabaya mengikuti garis pantai utara, sehingga tidak melintas di kawasan puncak Raung.

"Tidak ada abu vulkanik yang turun di sekitar bandara, sehingga rute penerbangan sejak ditetapkan status siaga Raung hingga kini berjalan aman," ujarnya.

Sebelumnya, sebanyak enam jadwal penerbangan maskapai Jetstar dari sejumlah kota di Australia membatalkan rute penerbangannya menuju Denpasar, Bali, pada Kamis (2/7) malam karena adanya informasi dari departemen keamanan udara setempat terkait dengan aktivitas Gunung Raung yang meningkat

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015