Kudus (ANTARA News) - Kepolisian Resor Kudus, Jawa Tengah, segera mengoperasikan kamera CCTV (closed circuit television) untuk memantau arus lalu lintas di sejumlah titik yang bakal dilalui pemudik.

Menurut Kapolres Kudus AKBP Muhammad Kurniawan di Kudus, Kamis, jumlah kamera CCTV yang disiapkan sebanyak enam unit yang tersebar di sejumlah lokasi.

Pengoperasian perangkat modern tersebut, kata dia, menunggu pemasangan beberapa kamera CCTV tambahan yang ditargetkan hari ini (9/7) selesai seluruhnya.

Pasalnya, kata dia, hari ini (9/7) juga dimulainya pengoperasian pos pengamanan yang tersebar di lima lokasi.

Kamera CCTV yang dipasang, lanjut dia, tidak terbatas untuk memantau arus pemudik, melainkan lalu lintas di kawasan perkotaan juga menjadi perhatian, guna memastikan arus lalu lintas di wilayah Kudus lancar.

Lokasi pemasangan kamera CCTV tersebut, yakni di Pertigaan Terminal Induk Jati, Pertigaan Ngembalrejo, kawasan Swalayan ADA, kawasan Simpang Tujuh, dan Perempatan Matahari Kudus.

"Perangkat tersebut diharapkan juga memudahkan komunikasi," ujarnya.

Nantinya, kata dia, kamera akan terhubung dengan pos pengamanan di Polres Kudus, sehingga setiap saat bisa dipantau kondisi arus lalu lintas saat itu.

Adapun personel pengamanan selama Lebaran yang diterjunkan sebanyak 267 personel dari Polres Kudus.

Selain itu, kata dia, dalam pengamanan tersebut juga didukung instansi samping sebanyak 102 personel.

Di antaranya, dari TNI sebanyak 30 personel, Dishubkominfo sebanyak 12 personel, Satpol PP sebanyak 12 personel, Dinas Kesehatan Kudus sebanyak 12 personel, PMK sebanyak 12 personel, Rapi/Orari sebanyak 12 personel, dan Pramuka sebanyak 12 personel.

Sementara itu, Bupati Kudus Musthofa mengungkapkan, dalam rangka menyambut arus mudik Lebaran layanan kesehatan di Kudus dibuka selama 24 jam.

"Puskesmas yang berada di jalur mudik kami instruksikan untuk siaga selama 24 jam, demikian halnya rumah sakit," ujarnya.

Pewarta: Akhmad NL
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015