Berlin (ANTARA News) - Juara dunia kelas berat Ruslan Chagaev berhasil mempertahankan gelar juara dunia versus WBA setelah meng-KO penantangnya Francesco Pianeta.

Setelah juara dunia Wladimir Klitschko dipromosikan menjadi juara super WBA pada 2011, Chagaev sukses mempertahankan gelar kelas berat WBA tahun lalu dengan menang tipis satu angka dari petinju AS Fres Oquendo.

Chagaev membuat Pianeta terkapar di ring setelah dihantam hook kiri dan ketika penantang selamat dari hitungan wasit.

Ketika berjuang bangkit, wasit berusia 30 tahun menghentikan pertarungan sehingga gagal pula ambisi Pianeta menjadi petinju Jerman pertama yang menjadi juara dunia kelas berat sejak Max Schmeling pada 1932.

Pianeta, juara dunia kelas berat Jerman dan Eropa, hanya kalah dua kali dalam karirnya dalam 34 laga professionalnya. Sebelumnya dia kalah pada 2013 karena TKO dari Klitschko.

Chagaev yang berusia 37 tahun dan kelahiran Uzbekistan serta berjulukkan 'Tyson Putih' menjadi juara WBA pada 2007 ketika mengalahkan raksasa Rusia Nikolay Valuev dengan kemenganan angka, namun kemudian dikalahkan Klitschko pada 2009 untuk menderita kekalahan pertama dalam karirnya.

Menang mutlak dari Alexander Povetkin pada 2011, Chagaev memiliki catatan mengesankan yakni 21 menang KO dari total 34 kemenangannya, ditambah dua kali kalah dan sekali seri, demikian AFP.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015