Karena kami ada keturunan Arab jadi ya menunya serba kambing
Jakarta (ANTARA News) - Lebaran adalah momen yang ditunggu-tunggu hampir semua keluarga, namun bagi mereka yang terbiasa mengandalkan jasa pembantu rumah tangga (PRT), hari raya berubah menjadi menyibukkannya.

Tapi tidak demikian halnya dengan Lula Kamal. Presenter yang berprofesi dokter ini mengaku tidak kerepotan meski ditinggal mudik pembantu.

Ibu tiga anak itu mengaku tetap menikmati suasana lebaran seperti biasa.

"Paling yang repot kalau belanja, kalau mbaknya pulang saya harus belanja sendiri, 'uwel-uwelan' karena banyak orang," kata Lula di Jakarta, Senin.

Seperti biasa, Lula Kamal dan keluarga tidak memiliki tradisi mudik setiap Lebaran.

"Saya orang Jakarta jadi tidak pernah mudik, malah keluarga dari daerah yang biasanya datang ke Jakarta. Orang tua dari Lampung ke Jakarta karena keluarga besar memang di sini, hari pertama kami janjian bertemu di suatu tempat lalu pergi bersama-sama. Misalnya hari pertama di om ini, besok di siapa," katanya.

Lula menambahkan, menu Lebaran yang selalu ada dalam keluarganya adalah aneka hidangan kambing.

"Karena kami ada keturunan Arab jadi ya menunya serba kambing, ada semur, dan sebagainya," katanya.

Lula tak khawatir makanan serba kambing ini akan mengganggu kesehatan keluarganya karena puasa selama satu bulan penuh telah membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

"Lagi pula, biasanya pesta cuma hari pertama, kalau sudah memasuki waktu malam sudah bosen, sudah pening kepala melihat makanan seperti itu. Makanya kami kalau sudah mulai sore malah mencari sayur asem, atau gado-gado sama ikan asin karena sudah bosan dengan menu makanan kambing."

Pada hari ketiga lebaran, Lula dan keluarga mulai berpuasa Syawal sehingga dijamin tidak makan berlebihan.


Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015