New York (ANTARA News) - Novel terbaru Harper Lee, "Go Set a Watchman", akan berusaha mencetak rekor penjualan hari pertama pada kategori fiksi di Barnes and Noble, umum jejaring toko buku terbesar di AS itu seperti diwartakan AFP.

Barnes and Noble mengatakan rekor sebelumnya dipegang oleh Dan Brown melalui bestseller 2009-nya "The Lost Symbol" yang akan diangkat ke layar lebar dengan bintang Tom Hanks.

"Watchman" juga melampaui novel erotik karya EL James, "Grey: Fifty Shades of Grey as Told by Christian," yang terbit bulan lalu, sebagai bestseller nomor satu perusahaan ini.

Namuan Barnes and Noble enggan mengungkapkan berapa banyak kopi yang akan dijual.

Rilis global "Watchman" Selasa lalu telah menjadi salah satu peristiwa terbesar dalam sejarah penerbitan buku, lebih dari setengah abad setelah rilis debut "To Kill a Mockingbird".

Praorder bisa didapatkan dari Barnes and Noble, dan Amazon, setelah rilis mendatangnya diumumkan oleh penerbit HarperCollins pada Februari lalu.

Penjualan novel pertama Lee sejak itu berlipat ganda dan "Mockingbird" kini menjadi buku terlaris nomor dua, sambung Barnes and Noble.

"Mockingbird" dianggap karya klasik abad 20 yang mengartikan lagi ketidakadilan rasial pada era Depresi Besar di AS dan menjadi standard di kampus-kampus sastra di seluruh dunia.

Lee menulis manuskripnya pada akhir 1950-an, namun editornya menyarankan penokohannya diubah hingga kemudian menjadi "Mockingbird."

Barnes and Noble termasuk Fortune 500 (500 perusahaan top) dengan memiliki 648 toko di 50 negara bagian AS. Toko ini juga menjual pernak pernik secara online, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015