New York (ANTARA News) - Novel "Go Set a Watchman" karya penulis "To Kill a Mockingbird" Harper Lee menjadi buku yang paling banyak dipesan di Amazaon.com sejak serial "Harry Potter".

Situs penjualan dalam jaringa ini menyebut novel yang akan keluar 14 Juli ini menduduki peringkat satu buku terlaris di situs ini, lapor Reuters.

"Go Set a Watchman" menjadi buku prapemesanan terlaris setelah "Harry Potter and The Deathly Hallows" karya J.K Rowling pada 2007, novel terakhir petualangan penyihir Inggris itu.

Amazon tidak menyebutkan angka namun penerbit Harper dari HarperCollins menyebutkan cetakan pertama di Amerika Serikat sekitar 2 juta.

Februari lalu, Harper mengumumkan mereka akan mengeluarkan buku yang manuskripnya ditemukan pengacara Lee di sebuah kotak bersama dengan naskah asli "To Kill a Mockingbird".

Naskah ini ditulis tahun 1959, sebelum Lee (89 tahun) meluncurkan bukunya yang meraih Pulitzer Prize ini.

"Watchman" menceritakan pengacara Atticus Finch, 20 tahun setelah kejadian yang ada di "Mockingbird". Anak perempuannya yang sudah dewasa, Scout, mengunjunginya di kota fiksi Maycomb, Alabama.

"To Kill a Mockingbird" yang membahas rasisme dan ketidakadilan di Amerika Selatan menjadi buku best-seller dan terjual sekitar 40 juta kopi di seluruh dunia.

Kampung halaman Lee di Monroeville, Alabama, menandai peluncuran buku itu dengan menghadirkan nuansa 1950an dan mengadakan tur di kota ini

Lee, yang menderita stroke sejak 2007 dan mengalami kesuitan pendengaran dan penglihatan, tidak diharapkan hadir dalam promosi buku itu.


Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015