Jakarta (ANTARA) - Aktor seni peran peraih Oscar, Gary Oldman mengakui bahwa dia sama sekali tidak terpesona sekaligus mengkritisi penampilannya yang semenjana sebagai Sirius Black di film “Harry Potter”.

Sang aktor yang kini kembali membintangi serial “Slow Horses” untuk musim ketiga di Apple TV+, mengkritisi peran yang dia mainkan sebagai Sirius Black dalam waralaba Harry Potter dalam sebuah siniar Happy Sad Confused milik Josh Horowitz.

Oldman yang kini berusia 65 tahun, menganggap penggambaran karakter yang dia mainkan di “Harry Potter” tergolong biasa-biasa saja.

“Saya pikir apa yang saya kerjakan (di film 'Harry Potter') biasa-biasa saja," kata Oldman kepada Horowitz seraya mengatakan bahwa dia seharusnya bisa memerankan peran itu dengan cara yang berbeda.

Baca juga: "Hunter Killer", misi menegangkan gagalkan perang dunia ke-3

Pendekatan Oldman mungkin bisa jadi berbeda jika dia membaca karya-karya penulis J.K Rowling sebelum mulai membintangi film, seperti yang dikatakan rekan main mendiang Alan Rickman.

“Mungkin jika saya membaca buku seperti Alan, jika saya memiliki wawasan, jika saya tahu apa yang akan terjadi, maka sejujurnya saya berpikir saya akan memainkannya secara berbeda,” kata Oldman seperti dikutip dari People, Sabtu.

Oldman bergabung dengan waralaba Harry Potter sebagai karakter Sirius Black di film “Harry Potter and the Prisoner of Azkaban” tahun 2004 dan mengulangi peran yang sama dalam “Harry Potter and the Order of the Phoenix”. Dia juga sempat menjadi cameo pada film terakhir waralaba tersebut yaitu “Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2.”

Oldman mengakui bahwa dirinya terbiasa mengkritisi akting sendiri pada setiap karya yang telah dikerjakan.

“Jika saya duduk dan memperhatikan diri sendiri dalam sebuah film atau sesuatu dan berkata, 'Ya Tuhan, saya luar biasa!’, maka hal itu akan menjadi hari yang sangat menyedihkan. Anda pasti ingin membuat hal berikutnya menjadi lebih baik,” tutur Oldman.

Baca juga: Gary Oldman aktor terbaik Oscar 2018

Meski tidak menyukai penampilannya, Oldman baru-baru ini mengungkapkan bahwa betapa dia sangat mengapresiasi waralaba tersebut. Pada awal bulan ini, Oldman mengatakan kepada Drew Barrymore dalam sebuah wawancara bahwa waralaba Harry Potter dan trilogi Dark Knight karya Christopher Nolan membantu kehidupan pribadi dirinya.

Oldman menjelaskan kepada Barrymore bahwa dia telah menyia-nyiakan kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama ketiga anaknya setelah berstatus sebagai ayah tunggal pada tahun 2000.

“Terima kasih Tuhan untuk Harry Potter. Saya beritahu Anda, keduanya -- Batman dan Harry Potter, sungguh, mereka menyelamatkan karena saya melakukan sedikit pekerjaan dan menghasilkan banyak uang, dan kemudian bisa bermain di rumah bersama anak-anak,” kata Oldman kepada Barrymore.

Baca juga: Warner Bros ingin buat lebih banyak film "Harry Potter"

Penerjemah: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023