Jakarta (ANTARA News) - Meskipun versi resmi dari aplikasi Cortana untuk Andorid akan segera dirilis, pengguna dapat menginstal versi beta dari aplikasi tersebut sekarang.

Meski demikian, perlu diingat, karena aplikasi Cortana masih dalam format berkas paket aplikasi Android (Application Package File, APK), maka aplikasi tersebut masih belum sempurna.

Cortana untuk Android awalnya hanya akan tersedia di Tiongkok dan Amerika Serikat, namun Microsoft mengatakan seiring berjalannya waktu akan menghadirkan aplikasi tersebut ke lebih banyak negara.

Untuk mengunduh file APK Cortana berurukan 19,1MB tersebut, pengguna harus terlebih dahulu mengaktifkan pengaturan "Unknown sources" di Settings > Security. Mengaktifkan fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk menginstal aplikasi dari sumber yang tidak diketahui.

Cortana merupakan personal digital assistant  atau aplikasi pendamping ponsel yang hadir melalui suara virtual. Awalnya, aplikasi tersebut hanya hadir di Windows Phone, namun kini tengah dikembangkan untuk perangkat Android dan iOS, demikian Phone Arena.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015