Saya tugaskan untuk memastikan stok makanan untuk masyarakat Lani Jaya tercukupi."
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa akan ke Kabupaten Lani Jaya Provinsi Papua guna memastikan logistik di daerah tersebut mencukupi, terutama bagi wilayah terdampak hujan es.

"Besok saya ke Lani Jaya karena memang yang paling banyak penduduk terdampak hujan salju di sana. Dari 6.000 sekitar 5.000 di Lani Jaya, maka besok saya memastikan untuk menghitung stok logistik ini cukup sampai Oktober," kata Khofifah di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan, sejak Jumat (17/7) tim dari Kementerian Sosial sudah berada di daerah yang terdampak hujan es.

"Saya tugaskan untuk memastikan stok makanan untuk masyarakat Lani Jaya tercukupi," ujarnya.

Hujan es terjadi di Kabupaten Nduga, Lani Jaya dan Kabupaten Puncak di Papua sehingga menyebabkan pertanian puso dan gagal panen.

Ada enam distrik dan 21 kampung dengan 20.160 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak di tiga kabupaten tersebut.

Cuaca dingin juga menyebabkan ternak mati dan sebagian warga jatuh sakit. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Lani Jaya, ada 11 orang yang meninggal dunia terdiri dari lima anak berusia di bawah lima tahun (balita), dua anak-anak dan empat orang dewasa.

Lokasi wilayah yang berada di ketinggian 2.700 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu juga menyebabkan keterbatasan kebutuhan dasar, seperti makanan, kebutuhan bayi/anak, dan obat.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015