Jakarta (ANTARA News) - WhatsApp membuat update terbaru yang dapat menghemat pengeluaran pulsa dengan adanya pilihan panggilan suara tanpa mengurangi banyak data (low-data usage calling).

Aplikasi pesan singkat yang bersaing dengan Skype untuk panggilan suara itu kini menyediakan pilihan agar pengguna dapat memakai mode low data sehingga paket data tidak banyak terkuras setiap kali melakukan panggilan suara.

Fitur baru yang dapat diaktifkan dan dinonaktifkan memungkinkan pengguna dengan koneksi 3G lemah atau paket data yang sedikit dapat melakukan panggilan suara.

Seperti dilansir dari Digital Spy, update ini baru bisa dipakai oleh pengguna Android meski belum resmi ada di Google Play Store.

Untuk mendapatkan update tersebut, pengguna harus mengunduh APK file yang telah di-update dan menginstal perangkat lunak secara manual.

Diperkirakan update tersebut dapat mulai dicoba oleh pengguna iOS dan Android lewat app stores dalam waktu dekat. Menurut TechRadar, pilihan pengurangan bandwith tidak banyak berpengaruh pada kualitas audio saat melakukan panggilan suara.

Fitur-fitur baru yang ditambahkan dalam WhatsApp meliputi pilihan mute chats untuk jangka waktu yang ditetapkan, serta pilihan untuk secara manual menandakan bahwa percakapan belum dibaca serta membuat backup chat di Google Drive.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015