Jika manajemen PSM pada akhirnya hanya bisa mengontrak satu pemain asing maka kami berharap bisa mendatangkan pemain berposisi stopper
Makassar (ANTARA News) - Tim pelatih PSM menyatakan akan memprioritaskan mencari pemain asing berposisi stopper demi memperkuat barisan pertahanan menghadapi ajang Piala Indonesia Satu (PIS) di Makassar, Sulawesi Selatan, 1 September 2015.

"Jika manajemen PSM pada akhirnya hanya bisa mengontrak satu pemain asing maka kami berharap bisa mendatangkan pemain berposisi stopper," jelas Pelatih sementara PSM, Assegaf Razak di Makassar, Sabtu.

Ia menjelaskan, tim pelatih pada dasarnya memiliki harapan bisa mendatangkan beberapa pemain asing untuk mengisi posisi pemain bertahan, gelandang serta striker. Namun jika ternyata sulit dan diharuskan memilih maka ia lebih mengutamakan posisi pemain bertahan atau stopper.

Hal itu, kata dia, dikarenakan posisi ini memang masih minim dibandingkan posisi yang lain. Apalagi dua pemain bertahan PSM yakni Agung Prasetyo dan Ahmad Maulana juga saat ini belum bergabung dalam latihan karena beberapa alasan.

Sementara untuk posisi striker, tidak ia pungkiri jika masih membutuhkan sosok yang berpengalaman dan punya tipe "pembunuh".

Kehadiran dua penyerang yakni Maldini Pali dan Muhammad Rahmat juga dinilai belum begitu menyakinkan karena keduanya memiliki tipe sebagai striker pelayan. Namun demikian, ia menegaskan akan lebih memprioritaskan pemain belakang.

"Untuk striker memang kita juga butuh yang berlabel asing untuk mempertajam lini depan. Namun jika hanya bisa mendatangkan satu asing tentu kita pilih yang berposisi stopper," katanya.

Mengenai kriteria pemain asing, Assegaf menegaskan hanya mencari pemain yang memang memiliki kualitas dan kemampuan lebih baik dari pemain lokal.

Ia mengatakan, akan sia-sia mendatangkan pemain asing jika kualitasnya tidak lebih baik atau sama dengan pemain lokal. Selain kerugian materi untuk biaya kontrak juga tidak akan efektif dalam mengawal pertahanan tim PSM.

Sejauh ini, PSM telah menerima sejumlah tawaran yang direkomendasikan Luciano Leandro. Para pemain yang direkomendasikan mantan pemain PSM itu semuanya berasal drai Brasil antara lain Filipe Jose Machadi (penyerang), Zaguiero Maruinho Meia (gelandang) dan Brinner (bek).

Belakangan juga muncul dari agen pemain Nelson Sanchez yang menawarkan beberapa pemain dari Spanyol dan Amerika Latin.

"Manajemen sudah menerima beberapa tawaran pemain asing. Namun untuk kepastiannya,tentu kita serahkan ke Manajemen PSM. Kami selaku pelatih hanya bertugas bagaimana mempersiapkan tim agar bisa bersaing," ujarnya.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015