... kebijakan di Indonesia harus lebih fleksibel."
Jakarta (ANTARA News) - Indonesia harus meningkatkan kepercayaan akan perekonomiannya terhadap investor untuk meningkatkan merger dan akuisisi, kata Managing Director Accenture Strategy & Mergers and Acquisition (M&A) Bruce Delteil.

"Tantangannya kepercayaan akan perekonomian Indonesia. Ini paling penting. Kalau tidak ada kepercayaan akan pertumbuhan ekonomi atau kepercayaan ekonomi yang sehat, maka akan ada ragu-ragu dari investor," ujarnya di Jakarta, Selasa.

Menurut Bruce, tren merger dan akuisisi sudah marak dilakukan di dunia. Merger dan akuisisi, lanjutnya, menandakan ekonomi yang dinamis.

"Kalau lihat negara dimana level merger dan akuisisinya sangat rendah, perlu dipertanyakan dinamika industrinya," ujarnya.

Bruce mengatakan, apabila level merger dan akuisisi di Indonesia meningkat maka menandakan ada dinamika di industri Indonesia. Selain itu, Indonesia jadi ekonomi yang lebih inovatif lagi sehingga memberi dampak yang positif bagi masyarakat dan pekerja.

"Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada 2020 ada 70 persen dari sektor apapun boleh dimiliki perusahaan asing. Kalau seperti itu, siapapun boleh beli apapun di ASEAN," ujarnya.

Ia menambahkan, "Di Indonesia masih jauh dari target itu dengan kebijakan batasan-batasan di sektor perbankan dan tambang minyak, sehingga kebijakan di Indonesia harus lebih fleksibel."

Pewarta: Monalisa
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015