jangan sampai putus hubungan pertemanan
Jakarta (ANTARA News) - Mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinof Achir Chaniago tak kecewa diberhentikan dari Kabinet Kerja Rabu ini.

Pria asal Sumatera Barat ini mengatakan akan sejenak meluangkan waktu untuk berlibur untuk kemudian aktif kembali mengajar dan meneliti.

"Rencana saya akan kembali mengajar, bisa juga aktif dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat, kampanye sosial. Kemudian, melakukan penelitian," kata dia setelah serah terima jabatan dengan Sofyan Djalil di Kantor Bappenas, Jakarta, Rabu petang.

Saat sertijab di Kantor Bappenas, Andrinof ditemani istrinya.

Pengajar pada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia ini mengaku diberitahu Presiden Joko Widodo akan diberhentikan dari kabinet Selasa malam.

"Dikatakan juga jangan sampai putus hubungan pertemanan," ujar dia.

Sebelum menjadi menteri, Andrinof adalah peneliti kebijakan publik pada Lembaga CIRUS Surveyors Group.

Setelah meninggalkan Bappenas, Andrinof berpesan agar pejabat dan Menteri PPN/Kepala Bappenas baru, Sofyan Djalil, meneruskan studi persiapan dan perencanaan teknis proyek-proyek infrastruktur.

Sofyan Djalil menjawab, dia akan optimal melaksanakan "pekerjaan rumah" Bappenas, dan juga tugas-tugas baru Bappenas.

Tugas baru itu adalah mengawal program dan alokasi anggaran pemerintah hingga satuan tiga agar implementasinya sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

"Peraturan Pemerintah mengenai hal itu sedang disusun. Sebentar lagi bisa keluar," kata dia.

Sofyan mengaku tidak akan segan menghubungi Andrinof jika dia membutuhkan konsultasi terkait pekerjaan-pekerjaan di Bappenas.

Satu hal yang tak terlupakan bagi Sofyan, adalah saat dia menjabat Menko Perekonomian, dan Andrinof sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, kerja sama penyusunan rencana pengembangan sumber daya alam dan juga pengembangan wilayah serta perkotaan, begitu terpadu dan integratif.

"Itu adalah ide-ide Andrinof yang bagus. Sumber daya alam harus diolah di dalam negeri. Saya tak akan segan minta advice, jika saya membutuhkan konsultasi dalam pekerjaan saya," ujar Sofyan.


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015