Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi akan menghadiri Konferensi Tingkat Menteri (KTM) Forum Kerja Sama Asia Timur dan Amerika Latin (Forum for East Asia and Latin America Cooperation/FEALAC) di San Jose, Kosta Rika pada 21 Agustus 2015.

"KTM FEALAC yang akan dilaksanakan pada 21 Agustus rencananya akan dihadiri Menlu (Retno LP Marsudi)," kata Direktur Kerja Sama Intrakawasan Amerika Eropa Kementerian Luar Negeri Dewi Savitri Tobing di Jakarta, Kamis.

Menurut Dewi, penyelenggaraan rangkaian pertemuan FEALAC di San Jose, Kosta Rika akan berlangsung selama tiga hari, yaitu dari 19 Agustus hingga 21 Agustus 2015.

Dia menyebutkan, pada 19 Agustus 2015 akan berlangsung pertemuan empat kelompok kerja (working group) FEALAC. Kemudian, pada 20 Agustus diadakan pertemuan tingkat pejabat tinggi (senior official meeting/SOM) FEALAC.

"Selanjutnya, pada 21 Agustus pertemuan tingkat menteri FEALAC, yang akan dibuka oleh Presiden Kosta Rika," ujarnya.

Dewi lebih lanjut menjelaskan bahwa pada KTM FEALAC, para menlu negara anggota akan berdiskusi untuk menentukan arah kerja sama FEALAC di masa depan.

Dia mengatakan bahwa secara umum, Pemerintah Kosta Rika sebagai tuan rumah pertemuan FEALAC tahun ini ingin menekankan pembahasan kerja sama dalam hal pemberantasan kemiskinan dan pembangunan yang berkelanjutan.

Selain itu, Pemerintah Indonesia akan mendorong pembahasan tentang penguatan kerja sama Selatan-Selatan dan kerja sama triangular serta peningkatan kemitraan sektor swasta dan sektor pemerintah (public private partnership).

Kemudian, Dewi menyebutkan hal lain yang akan dibahas dalam FEALAC adalah mengenai kerja sama di bidang pendidikan, kebudayaan, dan upaya menanggulangi perubahan iklim.

"Hasil diskusi dari SOM (pertemuan pejabat tinggi) akan dibawa ke pertemuan tingkat menteri untuk dibuat kesepakatan berupa poin-poin kerja sama yang akan dilakukan negara-negara anggota FEALAC ke depan," kata dia.

Selanjutnya, menurut Dewi, setiap poin kerja sama yang telah disepakati bersama dalam KTM FEALAC tersebut akan dituangkan ke dalam sebuah deklarasi, yang disebut Deklarasi Bersama San Jose (San Jose Joint Declaration).

"Intinya, tantangan bagi FEALAC ke depannya adalah bagaimana usulan-usulan dan inisiatif kerja sama ini dapat dilaksanakan hingga masyarakat negara anggota FEALAC dapat merasakan manfaatnya," ujar dia.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015