Acara ini bagus sekali dan luar biasa karena ada kolaborasi antara sepak bola dan atletik,"
Serang (ANTARA News) - Pelari nasional Dedeh Erawati bersama kelompok atlet pelatnas dan pelatda pada nomor lari 60 meter dan 100 meter tampil di sela-sela pertandingan pembuka Piala Kemerdekaan.

Dedeh bersama rekan-rekannya ikut memeriahkan laga pembuka antara Perserang Serang dengan Persidago Gorontalo di Stadion Maulana Yusuf, Serang, Banten, Sabtu.

"Acara ini bagus sekali dan luar biasa karena ada kolaborasi antara sepak bola dan atletik," ujar juara nomor lari gawang 100 meter SEA Games 2009 itu.

Kolaborasi tersebut, katanya, dapat menjadi salah satu ajang promosi bagi anak muda yang ingin menekuni cabang olahraga atletik terutama lari.

"Kadang masih banyak orang tua yang bingung kalau anaknya mau latihan atletik bagaimana, dengan tampil seperti ini kita bisa menunjukkan kalau ada pelatda jadi potensi anak-anak mereka bisa disalurkan ke situ," tuturnya.

Menurut dia, tidak ada persiapan khusus untuk tampil dalam turnamen yang resmi dibuka oleh Presiden Jokowi tersebut.

"Tidak ada (persiapan khusus). Untuk persiapan PON kan kami sudah latihan setiap hari, jadi ya kali ini langsung saja tampil" tutur peraih medali perak dalam SEA Games 2014 di Singapura itu.

Meskipun fasilitas stadion masih kurang memadai karena tidak dilengkapi dengan "start block" dan landasannya pun masih berupa tanah, hal itu tidak menyurutkan antusiasme Dedeh dan kawan-kawannya untuk tetap berlari dan menunjukkan kemampuan mereka di hadapan para penonton yang hadir.

"Harusnya ada start block, tapi ini bukan kekurangan. Mungkin memang dirancang seperti ini. Mau pakai start block atau start berdiri sama aja," ujar atlet berusia 35 tahun itu.

Dedeh sendiri sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi PON 2016 yang akan berlangsung di Jawa Barat.

Setelah itu, dirinya akan bersiap untuk SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia dan Asian Games 2018 di Jakarta.

"Saya sudah mulai latihan sejak kelas 1 SMP dan semenjak itu belum pernah berhenti. Prinsip saya ya lari saja sekencang-kencangnya," ujar pelari juara SEA Games 2009 di Vientiane, Laos itu.

Pewarta: Yashinta DP
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015