Jika anda ingin meraih sukses musim ini maka anda harus tampil kokoh di kandang. Normalnya kami mampu tampil gemilang ketika bertanding di kandang. Ini saatnya untuk menunjukkan tekad itu
L ondon (ANTARA News) - Bertandinglah dengan berpegang kepada pengetahuan akan jati diri masing-masing tim. Arsenal perlu mengetahui siapa dirinya, sama dan sebangun dengan Liverpool.

Hanya saja siapa pemenangnya, tinggal mencari untuk menemukan tim mana yang mampu mengatasi krisis dan menjalankan ide seluas dan sebebas mungkin ketika melakoni laga.

Penggawa masing-masing tim ingin tampil proaktif. Di sini, Liverpool ngotot turun bertanding berbekal kata momentum dengan huruf besar, sementara Arsenal siap menghadapi segala situasi apapun karena toh tim asuhan pelatih Arsene Wenger bertekad meraih tiga poin penuh di kandang.

Arsenal akan menghadapi Liverpool dalam laga pekan ketiga Premier League musim 2015/16 yang digelar di Emirates Stadium, pada Senin waktu setempat, atau Selasa dini hari, pukul 02.00 WIB. Pertandingan ini akan disiarkan secara langsung oleh SCTV.

Pasukan asuhan pelatih Brendan Rodgers berkunjung ke Emirates Stadium dengan membentangkan asa lebar-lebar, hanya saja berlaku satu mantra dari sepak bola: bertarunglah dengan seluruh hati sepenih jiwa. Ini lantaran The Reds hanya meraih satu kemenangan dalam sembilan laga Premier League ketika melawat ke Emirates.

Rodgers bukan tanpa masalah. Ia kini dihadapkan kepada realitas bahwa Henderson belum pulih benar cedera, meski bos Liverpool itu telah terlanjur berkoar bahwa ia bakal menurunkan skuat utama siap tempur.

Yang diperlukan the Reds satu saja yakni konsistensi penampilan dengan berkaca kepada musim kompetisi 2013/14. Musim itu menuangkan pelajaran bahwa kunci keberhasilan mengarungi Premier League salah satunya keajegan dalam penampilan dengan performa gemilang.

Di kubu Arsenal, jelas-jelas bahwa Wenger terus memompa semangat anak asuhannya, meski ada sederet pemain bakal absen karena masih dibekap cedera. Mereka adalah Wilshere, Rosicky, Welbeck.

Komentar dua pelatih:

* Arsene Wenger (Arsenal):

"Jika anda ingin meraih sukses musim ini maka anda harus tampil kokoh di kandang. Normalnya kami mampu tampil gemilang ketika bertanding di kandang. Ini saatnya untuk menunjukkan tekad itu,"

"Kepercayaan diri anda terkait dengan hasil laga terakhir. Kami mampu tampil gemilang ketika merespons Crystal Palace. Dari kenyataan itu, kami cukup memiliki modal untuk mendongkrak dan meningkatkan kepercayaan diri untuk meraih hasil positif ketika melawan Liverpool."

"Pertandingan ini sangat penting, karena hasilnya tentu bernilai vital bagi perjalanan selanjutnya, untuk itu kami memahami benar arti dari laga ini."

* Brendan Rodgers (Liverpool):
"Tersaji tantangan real musim ini di hadapan kami. Kami wajib tampil lebih bersemangat dan lebih bergelora menghadapi setiap lawan. Kami percaya dapat tampil baik, sejauh kami taat asas kepada skema yang sudah kami sepakati bersama. Kami percaya diri mampu meraih hasil positif."

"Jika anda melihat 10 laga melawan Arsenal, mereka kalah di kandang. Mereka hanya meraih rata-rata empat tembakan tepat sasaran, dengan penguasaan bola mencapai 43 persen. Berangkat dari data itu, maka anda tidak perlu menguasai bola. Yang perlu anda lakukan menguasai ruang."

Prakiraan susunan pemain:

* Arsenal (4-2-3-1):

Cech (penjaga gawang), Monreal, Koscielny, Mertesacker, Bellarin, Cazorla, Coquelin, Alexis, Oezil, Ramsey, Giroud
Pemain cadangan:
Ospina, Ox-Chamberlain, Arteta, Gibbs, Debuchy, Paulista, Walcott
Absen: Wilshere, Rosicky, Welbeck (cedera)

* Liverpool (4-2-3-1):
Mignolet (penjaga gawang), Clyne, Skrtel, Lovren, Gomez, Can, Milner, Ibe, Coutinho, Lallana, Benteke
Pemain cadangan:
Bogdan, Toure, Moreno, Firmino, Sakho, Ings, Lucas
Pemain absen:
Sturridge, Flanagan, Allen (cedera), Henderson (diragukan tampil)

Data dan fakta: (Opta)   
* Arsenal hanya kalah sekali dari tujuh laga melawan Liverpool di ajang Premier Leagu (empat menang, dua imbang, sekali imbang).
* Penampilan Olivier Giroud akan mengukir penampilan keseratus ketika berlaga di Premier League. Ia telah mengemas 42 gol dalam 99 laga Premier League bagi Arsenal, sementara Thierry Henry (59), Ian Wright (56) dan Emmanuel Adebayor (44) yang mampu mencetak gol dalam penampilan keseratus mereka bagi klub.
* Liverpool hanya mampu melepas tiha tembakan tepat sasaran dalam dua laga terakhir di Premier League musim 2015/16.
* Martin Skrtel telah mengemas tiga gol dalam dua laga terakhir di Premier League ketika melawan Arsenal.     

Lima laga terakhir:
(W:menang; L: kalah; D:imbang)

* Arsenal: W L W W W


16/08/2015 Crystal Palace 1 - 2 Arsenal
09/08/2015 Arsenal 0 - 2 West Ham United
02/08/2015 Arsenal 1 - 0 Chelsea
26/07/2015 Arsenal 1 - 0 VfL Wolfsburg
25/07/2015 Arsenal 6 - 0 Olympique Lyonnais

* Liverpool: W W W W D

17/08/2015 Liverpool 1 - 0 Bournemouth
09/08/2015 Stoke City 0 - 1 Liverpool
02/08/2015 Swindon Town 1 - 2 Liverpool
01/08/2015 Helsingin Jalkapalloklubi 0 - 2 Liverpool
24/07/2015 Malaysia 1 - 1 Liverpool

Head To Head:
 
04/04/2015 Arsenal 4 - 1 Liverpool
21/12/2014 Liverpool 2 - 2 Arsenal
16/02/2014 Arsenal 2 - 1 Liverpool
08/02/2014 Liverpool 5 - 1 Arsenal
02/11/2013 Arsenal 2 - 0 Liverpool

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Arsenal 2 - 0 Liverpool (13 persen)
* Arsenal 2 - 1 Liverpool (11 persen)
* Arsenal 1 - 2 Liverpool (10 persen)

Prediksi jalannya laga:

* Liverpool dituntut bekerja lebih keras agar mampu meladeni Arsenal. Di sini tinggal kejelian dari Rodgers meramu dan meracik strategi dengan mengerahkan seluruh kekuatan secara lebih efisien dan lebih efektif.
* Baik Liverpool maupun Arsenal bukan tidak mungkin tampil lebih berhati-hati, karena itu hasil laga ini tidak tertutup kemungkinan berakhir imbang.
* Bertanding di Emirates Stadium merupakan keuntungan tersendiri bagi Arsenal, sementara tekanan bagi Liverpool.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Arsenal: 1
* Liverpool: 1


Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015