Jakarta (ANTARA News) - Business Head Twitter Indonesia, Roy Simangunsong mengatakan berdasarkan pantauan Twitter, Indonesia merupakan salah satu negara pengguna twitter terbanyak.

Meski demikian, Roy yang baru saja ditunjuk menjadi pemimpin Twitter Indonesia mengatakan, Twitter tidak bisa mengungkapkan berapa jumlah pasti pengguna Twitter di sebuah negara.

"Meski tak jelas berapa angka penggunanya, sampai sekarang Indonesia masih dinyatakan sebagai salah satu negara pengguna Twitter terbanyak yang diperhatikan Twitter," demikian kata Roy di Jakarta, Selasa.

Lalu seperti apa karakteristik pengguna Twitter di Indonesia pada umumnya? Managing Director Twitter untuk wilayah Asia Tenggara, India, Timur Tengah dan Afrika Utara, Parminder Singh mengatakan ada tiga karakter utama pengguna Twitter di Indonesia.

"Pengguna Twitter Indonesia itu berjiwa wirausaha alias entrepreneurial, kebanyakan dari mereka menggunakannya dengan sangat kreatif untuk kegiatan usahanya," kata pria yang akrab disapa Mr Perri itu.

Selanjutnya, kata Mr Perri, pengguna Twitter Indonesia sangat aktif atau engaged terhadap topik-topik yang sedang berkembang. Buktinya, meski Twitter hanya menyediakan 140 karakter dalam sekali unggah, Mr Perri mengatakan orang Indonesia selalu tahu cara kreatif untuk mengungkapkan unggahannya.

"Pengguna Twitter di dunia ini ada 814-an miliar dan 20 persennya dari Indonesia," katanya.

Ketiga, pengguna Twitter asal Indonesia sangatlah ekspresif.

"Buktinya, mereka suka menggunakan video dengan all out, sekitar 40 persennya mereka mengunggah video," kata Perri.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015