Batam (ANTARA News) - Sebanyak 4.467 orang jemaah calon haji Embarkasi Batam yang berasal dari Provinsi Riau dan Kepulauan Riau telah tiba di Madinah.

"Hingga hari ini, sudah sepuluh kelompok terbang (kloter) JCH diberangkatkan ke Arab Saudi melalui Embarkasi Batam dengan jumlah jemaah 4.467 orang," kata Sekretaris Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Batam Mazdjad di Batam, Kamis.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, kondisi jemaah di Madinah relatif baik, tanpa kendala berarti.

Sebanyak 10 kloter itu merupakan JCH Gelombang I, dan kemudian akan dilanjutkan dengan kloter 11 untuk gelombang II yang akan langsung terbang ke Jeddah.

Sementara itu, JCH Kloter 10 dilepas Penjabat Wali Kota Dumai Arlisman Agus di Asrama Haji Batam.

Dalam sambutannya, Arlisman mengatakan ibadah haji memerlukan bekal ekonomi yang memadai, kondisi fisik yang prima serta ilmu manasik yang baik.

"Tanpa ilmu manasik haji yang memadai, maka rangkaian ibadah haji yang panjang hanya akan menjadi ritual semata tanpa makna," kata dia.

Kepada jemaah, ia berpesan untuk terus mengendalikan emosi diri dengan menghindari pertengkaran dan percekcokan antarjemaah.

Jemaah juga diminta untuk mematuhi semua ketentuan ibadah. "Mulai dari ketentuan pemerintah kita hingga pemerintah Arab Saudi termasuk aturan yang dibuat oleh petugas kloter," kata dia.

Arlisman Agus juga mengingatkan jemaah untuk menjaga stamina, menjaga barang bawaan masing-masing.

"Kepada petugas kloter kami ingatkan untuk melaporkan semua permasalahan yang terjadi untuk dicari jalan keluarnya. Petugas harus memberikan pelayanan yang terbaik sehingga jemaah merasa aman dan nyaman selama pelaksanaan ibadah," kata dia.

JCH kloter 10 BTH berjumlah 450 jemaah terdiri dari 164 calon haji Kabupaten Kampar, Riau, 280 calon haji Kabupaten Dumai Riau, seorang calon haji Tanjungpinang, Kepri, dan lima orang petugas kloter.

Pewarta: Jannatun Naim
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015