Milan (ANTARA News) - Hampir 4.700 migran diselamatkan di pesisir Libya pada Sabtu (19/9), ketika mereka berusaha mencapai Eropa, menurut penjaga pantai Italia.

Puluhan ribu orang, mayoritas dari Afrika dan Timur Tengah, berusaha menyeberangi Mediterania tahun ini, sering kali berdesak-desakan dalam kapal kecil yang tak layak untuk perjalanan panjang.

Penjaga pantai dalam keterangan tertulisnya juga menyebutkan bahwa mereka sudah menjalankan 20 operasi penyelamatan yang melibatkan banyak kapal untuk menjemput 4.343 migran dari perahu karet dan kapal.

Di sebuah perahu karet, menurut penjaga pantai, jenazah seorang perempuan namun tidak diketahui secara persis penyebab kematiannya.

Sebanyak 335 orang lainnya diselamatkan dalam misi penyelamatan bersama Yunani dan dibawa ke pelabuhan di Italia.

Upaya penyelamatan migran dilakukan oleh kapal-kapal milik penjaga pesisir dan Angkatan Laut Italia, organisasi kemanusiaan Doctors Without Borders,  Migrant Offshore Aid Station yang bermarkas di Malta, sebuah kapal dagang, kapal Kroasia di bawah misi penyelamatan Uni Eropa Triton, serta kapal-kapal Angkatan Laut Jerman dan Inggris yang bergerak di bawah misi EUNAVFOR Med Uni Eropa.

Eropa sedang berjuang mengatasi serbuan pengungsi yang meninggalkan negerinya karena perang di negara-negara seperti Suriah, dan kawasan Mediterania menjadi kawasan penyeberangan paling mematikan di dunia bagi para pengungsi, demikian seperti dilansir kantor berita Reuters. (Uu.E012)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015