Jambi (ANTARA News) - Peradi Jambi menilai sosok Adnan Buyung Nasution atau biasa disapa Bang Buyung,lebih sebagai penegakan hukum dan HAM serta sebagai panutan bagi para advokat muda di daerah dalam memperjuangkan hukum bagi masyarakat.

Sekjen Peradi Jambi, Sarbaini di Jambi, Rabu, mengatakan, Bang Buyung yang dikenal sebagai advokat senior itu merupakan gurunya para advokat muda di Indonesia.

"Kiprahnya hingga sekarang, kami lebih merasa Bang Buyung adalah panutan bagi para advokat muda di Jambi yang mau berbagi ilmu dan menularkan rasa tanggungjawab sebagai pembela hukum," kata Sarbaini.

Kemudian juga almarhum adalah tokoh yang benar-benar menjunjung tinggi kode etik sebagai advokat Indonesia sehingga semasa hidupnya pemikiran dan tenaganya tetap dipakai oleh pemerintah dalam bidang hukum.

"Sebagai orang atau anggota Peradi, almarhum Adnan Buyung Nasution juga bisa menjadi inspiratif bagi kaum muda khususnya dalam menjalankan etika hukum yang baik di daerah," kata Sarbaini.

Banyak ilmu yang didapatkan dari almarhum selama membimbing dan menjadi nara sumber dalam peningkatan ilmu advokat di Jambi khususnya anggota Peradi.

Kiprah Bang Buyung selain pernah menjabat sebagai ketua DPP Peradi pada 1977 juga pernah menjabat beberapa posisi liannya yang cukup bermanfaat bagi penegakan hukum di tanah air Indonesia.

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015