Di Liga Champions, anda harus meraih kemenangan ketika berlaga di kandang, meski sangat sulit juga meraih kemajuan. Hal ini bukan tidak mungkin....
Manchester (ANTARA News) - Terang benderang bahwa duel ini menyimpan kenangan bagi mantan pemain Arsenal Nicklas Bendtner yang kini membela Wolfsburg. Sang striker mencetak gol kemenangan lewat titik putih di Piala Super Jerman melawan Bayern Muenchen. Apakah dia mampu mengulang prestasi itu ketika menghadapi Manchester United?

Sepak bola menerjang sekat bisnis untung rugi, sepak bola menerpa drama kemanusiaan dari mereka yang beroleh kemenangan beroleh kekalahan. Buktinya, Manchester United menghadapi Wolfsburg dalam laga Grup B Liga Champions yang digelar di Old Trafford, Manchester, pada Rabu waktu setempat, atau Kamis dini hari, pukul 01.45 WIB. Pertandingan ini akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Sejarah tidak jarang memiliki penggal peristiwa yang mengulang dan merentang dari suka dan duka, kalah dan menang. Pembuktiannya, bukan sebatas hitung-hitungan ala lajur untung rugi buku kas perusahaan.

Duel kedua tim juga menyimpan memori ketika Michael Owen mencetak hat-trick ketika Manchester United mengalakan Wolfsburg pada Desember 2009. Ia juga membawa kemenangan bagi timnas Inggris di babak penyisihan Piala Dunia ketika menundukkan Jerman dengan skor telak 5-1.

Kini, di ajang Liga Champions 2015, Manchester United memiliki predator bernama Wayne Rooney. Melawan Wolfsburg, publik Old Trafford menanti aksi lapar gol pemain berjuluk Gazza itu.

Dan Wolfsburg jelas-jelas ketar-ketir dengan Rooney dan Anthony Martial yang terus menjalin kerjasama apik menggempur pertahanan lawan untuk mencetak gol. Pemain berpaspor Prancis itu akan tampil kali kedua di ajang Liga Champions di Old Trafford. Pemain berusia 19 tahun itu telah melesakkan tiga gol di ajang Premier League. Ini bayaran setimpal mengingat harga transfernya tidak sedikit pula.

United di bawah arahan pelatih Louis Van Gaal tidak diperkuat oleh gelandang Michael Carrick yang absen dalam sesi latihan sebelum melawan Wolfsburg di Liga Champions. Selain itu, galenadang Ander Herrera dan pemain sayap Antonio Valencia masih diragukan tampil karena keduanya masih dibekap cedera ringan. Di lini pertahanan, bek Paddy McNair akan tampil kembali setelah pulih dari cedera.

Wolfsburg tampil tanpa gelandang Luiz Gustavo yang masih mengalami cedera lutut, sementara bek tengah Robin Knoche juga absen. Ini ditambah dengan fakta bahwa pemain sayap Vieirinha dan penjaga gawang Koen Casteels diragukan turun memperkuat timnya. Keduanya absen dalam lima laga terkakhir tim berjuluk "Die Wolfe".

Hanya saja, United menuai kenangan pahit ketika kalah 1-2 dari PSV Eindhoven dalam laga pertama Liga Champions 2015/16. Setali tiga uang, Wolfsburg menderita kekalahan telak 1-5 dari Bayern Muenchen di ajang Bundesliga pekan lalu.

Komentar dua pelatih:

* Louis van Gaal (Manchester United):

"Di Liga Champions, anda harus meraih kemenangan ketika berlaga di kandang, meski sangat sulit juga meraih kemajuan. Hal ini bukan tidak mungkin, meski kemenangan di kandang tetap menjadi kunci."

"Michael Carrick tidak bisa tampil, dan Antonio Valencia dan Ander Herrera masih mengalami cedera ringan, meski saya tidak ingin mengambil resiko, untuk itu kami siap menurunkan Wayne Rooney. Baik juga memberli istirahat kepada pemain untuk tidak turun bertanding dalam satu laga ketimbang mengistirahatkan dia dalam waktu lama."

"[Bastian Schweinsteiger] adalah kapten saya [di Bayern München] bersama dengan [Philipp] Lahm. Ia mampu beradaptasi dengan baik. Ia telah diterima sebagai sosok yang memimpin pemain. Itulah alasan di direkrut dari Bayern. Kami coba menggabung pemain muda dengan pemain berpengalaman. Dan Bastian berperan sempurna bagi para pemain muda. Saya benar-benar senang dengan perkembangan dia."

"Kami menjalani kemajuan besar sebagai tim, kami tim yang lebih matang. Bastian telah dapat menjalin keseimbangan bersama dengan Morgan Schneiderlin. Kami mengalami kemajuan dibandingkan dengan tahun lalu, meski kami tetap berusaha terus maju. Dan saya menyaksikannya setiap pekan."

"Tujuan kami mencapai final. Final tentu memerlukan banyak keberuntungan. Ini tidak melulu hanya menyentuh soal kualitas, ini juga berkaitan dengan faktor keberuntungan. Bagai saya sebagai seorang manajer, jika mencapai final, maka anda harus tampil fantastis. Jika anda meraih kemenangan, maka hasil itu sungguh luar biasa."   

* Dieter Hecking (Wolfsburg):
"Stadion ini disebut juga "Theatre of Dreams". Saya tidak punya banyak mimpi, saya lebih memilih realitas. Kalau pun menang, itu juga oke, hanya saja yang terpenting kami berman sebaik mungkin."

"Setiap laga Liga Champions sarat tantangan. Kami berada dalam posisi yang baik setelah menang melawan CSKA Moskwa dan kami berusaha mengulang hasil itu. Tampil bermain di Old Trafford merupakan pengalaman luar biasa, untuk itu kami perlu tampil lebih berkonsentrasi agar memperoleh hasil positif. Kami datang ke sini untuk bermain sepak bola."

"Ini pengalaman pertama bagi saya berkunjung ke Old Trafford dan saya sepakat bahwa atmosfer di sini dapat berdampak dari hasil pertandingan, hanya saya tidak gentar dengan soal itu. Saya hanya berharan bahwa para pemain mampu membuktikan bahwa Wolfsburg tim yang sangat baik."  

Prediksi susunan pemain:

* Manchester United (4-2-3-1)

De Gea (penjaga gawang); Valencia, Smalling, Blind, Darmian; Schweinsteiger, Carrick; Mata, Rooney, Depay; Martial.
Pemain absen: Rojo (cedera hamstring), Shaw (patah kaki), Carrick (cedera otot)
Diragukan tampil: McNair, Valencia, Herrera

* Wolfsburg: (4-2-3-1):
Benaglio (penjaga gawang); Träsch, Naldo, Dante, Rodriguez; Guilavogui, Arnold, Caligiuri, Draxler, Kruse; Dost.
Pemain absen: Knoche (cedera engkel), Felipe (cedera kaki), Vieirinha (cedera betis)
Diragukan tampil: Luiz Gustavo (cedera lutut)

Data dan fakta (Opta Facts):

* Manchester United dan Wolfsburg telah bersua di kompetisi dalam Liga Champions 2009/10 di babak penyisihan. Skuat Iblis Merah meraih du kemenangan (2-1 di old Trafford, dan 3-1 di Jerman).
* Bayern Muenchen merupakan tim yang mampu mengalahkan Manchester United di Old Trafford di ajang Liga Champions. Itu terjadi pada April 2001 (1-0). Sejak itu, tim-tim asal Jerman meraih tiga hasil imbang dan menderita enam kekalahan beruntun dalam sembilan kali tampil di markas Manchester United.
* Belum ada tim asal Jerman yang mampu mengukir clean sheet dalam laga 16 besar Liga Champions melawan Manchester United. Kali terakhir ketika Bayern Muenchen tampil pada Maret 2002 (0-0 di Old Trafford).
* Manchester United hanya menderita empat kekalahan dari 65 pertandingan di Liga Champions yang  digelar di Old Trafford (46 kali menang dan 15 kali imbang).
* Skuat Iblis Merah meraih 10 kemenangan dari 14 pertandingan di Liga Champions menghadapi lawan asal Jerman (sekali imbang, tiga kali kalah).
* Wolfsburg mengalami tiga kekalahan selama melakoni kompetisi Eropa di Inggris. Mereka kebobolan delapan gol.     
     
Top Players (Whoscored.com)

* Ratings:

Manchester United:
M. Depay     7.33
M. Rojo     7.2
A. Herrera     7.05
    
Wolfsburg:
J. Draxler     8.77
L. Gustavo     7.91
R. Rodríguez     7.82

* Goals:
Manchester United:

M. Depay     1
A. Valencia     0
A. Martial     0
    
Wolfsburg:
J. Draxler     1
N. Bendtner     0
J. Guilavogui     0

* Assists:
Manchester United:

D. Blind     1
A. Valencia     0
A. Martial     0

Wolfsburg:    
N. Bendtner     0
J. Guilavogui     0
C. Träsch     0
     
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Manchester United: W W W L W


26/9/15 Manchester United 3 - 0 Sunderland
23/9/15 Manchester United 3 - 0 Ipswich Town
20/9/15 Southampton 2 - 3 Manchester United
15/9/15 PSV Eindhoven 2 - 1 Manchester United
12/9/15 Manchester United 3 - 1 Liverpool

* Wolfsburg: D L W W D

26/9/15 Wolfsburg 1 - 1 Hannover 96
22/9/15 Bayern Muenchen 5 - 1 Wolfsburg
19/9/15 Wolfsburg 2 - 0 Hertha
15/9/15 Wolfsburg 1 - 0 CSKA Moskva
12/9/15 Ingolstadt 0 - 0 Wolfsburg

Head To Head:
 
8/12/09 Wolfsburg 1 - 3 Manchester United
30/9/09 Manchester United 2 - 1 Wolfsburg

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Manchester United 2 - 0 Wolfsburg
* Manchester United 3 - 1 Wolfsburg
* Manchester United 2 - 1 Wolfsburg

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Manchester United: 2
* Wolfsburg: 0

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015