Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi bertemu secara bilateral dengan Menteri Luar Negeri Brasil Mauro Luiz Iecker Vieira dan membahas rencana penyerahan surat kepercayaan Duta Besar RI Toto Riyanto kepada Presiden Brasil Dilma Rousseff yang sempat tertunda akibat kasus hukuman mati warga Brasil.  Viera berjanji mengikutsertakan Dubes Toto dalam acara penyerahan surat kepercayaan kepada Presiden Rousseff itu.

Pertemuan bilateral itu dilakukan di sela-sela kegiatan Sidang Majelis Umum PBB ke-70 di New York pada 29 September, kata Kementerian Luar Negeri dalam siaran persnya, Kamis.

Menurut Vieira, penyerahan surat kepercayaan Dubes RI beserta dubes negara sahabat lainnya semestinya awal September, namun diundur karena jadwal padat Presiden Brazil.

Menlu Brazil akan berkomunikasi segera mungkin dengan Menlu RI untuk menginformasikan jadwal penyerahan surat kepercayaan diplomatik itu.

Menanggapi hal itu, Retno menyambut baik rencana itu b dan meyepakati untuk tetap membuka jalur komunikasi diplomatik.

Retno mengatakan, setelah penyerahan surat kepercayaan Dubes RI kepada Presiden Brasil, kedua pihak dapat kembali bekerja sama membangun hubungan bilateral yang lebih baik, demi kesejahteraan rakyat di kedua negara dan berkontribusi pada perdamaian dan kesejahteraan global.

Dilma Rousseff menolak menerima surat kepercayaan Duta Besar Indonesia untuk negara itu karena marah atas eksekusi seorang warga Brasil terpidana mati kasus narkoba oleh Pemerintah Indonesia.




Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015